Lencana, Muhammad Dava
(2023)
Kontribusi Praktik Kerja Industri Menjadi Minat Peserta Didik Terhadap Jurusan Teknologi Alat Berat.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pengkajian tersebut bertujuan untuk mengetahui kontribusi praktik kerja
industri menjadi peserta didik terhadap teknologi alat berat. Tujuan penelitian
tersebut merupakan memahami kesempatan kontribusi Pendidikan Sistem Ganda
(PSG) terhadap minat peserta didik teknologi alat berat SMK Negeri 1 Sungai
Limau.
Jenis penelitian tersebut merupakan pengkajian kasus dan pengkajian
lapangan. Subjek penelitian tersebut merupakan semua peserta didik kelas XI
TAB di pendidikan formal kejuruan Nagari 1 Sungai Limau Tahun Ajaran
2022/2023 dengan jumlah responden 32 siswa.
Kontribusi praktik kerja industri siswa dari 20 pernyataan yang pilihannya
selalu sebanyak 10 orang dengan persentasenya 50,00%, kontribusi siswa dengan
pilihannya sering sejumlah 5 orang dengan nilai persentasenya 25,00%, siswa
yang pilihannya kadang-kadang berjumlah 2 orang sehingga persentasenya
10,00%, kontribusinya pada kegiatan tersebut dengan pilihannya jarang sebanyak
1 dengan persentasenya 5,00%, dan siswa yang memilih pilhannya tidak pernah
sejumlah 2 orang dengan jumlah persentasenya 10,00%.
Data ini membuktikan bahwa pada variabel jurusan teknologi alat berat yang
terdiri dari 5 penilaian interval. Pada interval 99-95 terdapat 12 siswa dengan
persentase 37,05%, interval 94-90 terdapat 8 siswa dengan persentase 25,00%,
interval 89-85 terdapat 9 siswa dengan persentase 28,12%, interval 84-80 terdapat
1 siswa dengan persentase 3,12%, dan interval 79-75 terdapat 2 siswa dengan
persentase 6,26%.
Kontribusi siswa teknologi alat berat dari 20 pernyataan yang pilihannya
selalu sebanyak 8 orang dengan persentasenya 40,00%, kontribusi siswa dengan
pilihannya sering sejumlah 4 orang dengan nilai persentasenya 20,00%, siswa
yang pilihannya kadang-kadang berjumlah 5 orang sehingga persentasenya
25,00%, kontribusinya pada kegiatan tersebut dengan pilihannya jarang sebanyak
2 dengan persentasenya 10,00%, dan siswa yang memilih pilhannya tidak pernah
sejumlah 1 orang dengan jumlah persentasenya 5,00%.
Bersumber pada hasil penelitian dilakukan terdapat dokumen siswa nilai 100-
90 keterangannya luar biasa, skala 89-80 keterangannya patut, skala 79-70
kategorinya layak, dan nilai 69-0 keterangannya minim. Aspek penilaiannya, yaitu
disiplin berjumlah 95, kerjasama senilai 90, inisiatif angka 95, kerajinan senilai
95, prestasi kerja jumlah 96, tanggung jawab angkanya berjumlah 98, dan laporan
senilai 95. Kategori kontribusi siswa terhadap teknologi alat berat pada kategori
tinggi (rentang skor lebih dari 95) sebanyak 19 siswa (59,38%), kategori sedang
(rentang skor dari 89 sampai dengan 85) sebanyak 11 siswa (34,38%), dan
kategori rendah (rentang skor kurang dari 79) sebanyak 2 siswa (6,24%).
Actions (login required)
|
View Item |