Implementasi Model Pembelajaran Collaborative Berbasis Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Pariaman.

Preti, Agia Kulkarni (2023) Implementasi Model Pembelajaran Collaborative Berbasis Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Pariaman. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_7_AGIA_KULKARNI_PRETI_19067077_8413_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan adalah tantangan penting. Banyak sistem pendidikan menghadapi masalah seperti kurikulum yang tidak sesuai, kurangnya guru yang berkualitas, dan metode pengajaran yang tidak memadai. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran kaloboratif berbasis project based learning dalam melihat hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini berasal dari SMKN 1 Pariaman sebanyak 64 orang. Metode penelitian yang dipakai ialah quasi experimental design dengan instrumen penelitian lembar tes, uji validitas, realibilitas, normalitas, homogenitas, dan independent uji-t. Hasil penelitian ini memperoleh pre-test kelas eksperimen sebesar 75 dan post-test kelas eksperimen sebesar 82.6, sedangkan perolehan pretest kelas kontrol sebesar 72.5 dan post-test kelas kontrol sebesar 76.4. Hal ini membuktikan perlakuan yang diberikan pembelajaran kaloboratif berbasis project based learning berdampak terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol tanpa perlakuan. Adapun hasil uji normalitas yang telah dilakukan diperoleh data berdistribusi normal nilai sig > 0,05, hasil uji homogenitas diperoleh data pre-test dan post-test lebih besar dari ( sig>0,05) varians tersebut homogen, dan hasil indepenten t-test diperoleh sebesar 1.245 dan post-test sebesar 3.587, maka hasil Uji T sebesar 0.001 sesuai dengan ketentuan nilai sig (2-tailed)< 0.05. Maka dari itu, disimpulkan dari sikap berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif dan bertanggung jawab pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Mesin Kelas X Teknik Mekanik Industri di SMK Negeri 1 Pariaman, dilakukan dengan menggunakan rubrik penilaian sikap dan di peroleh rata-rata nilai sikap kelas kontrol 80 dan kelas esperimen 84.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArwizet, ArwizetUNSPECIFIED
CorrectorPurwantono, PurwantonoUNSPECIFIED
CorrectorYuvenda, DoriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KALOBORASI, PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK, HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 01 Feb 2024 01:05
Last Modified: 01 Feb 2024 01:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50320

Actions (login required)

View Item View Item