Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ansambel Musik Pianika di Kelas X E 3 SMA Negeri 1 Palupuh

Fajri, Sri Intan Al (2023) Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ansambel Musik Pianika di Kelas X E 3 SMA Negeri 1 Palupuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_SRI_INTAN_AL_FAJRI_19023151_6993_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran ansambel musik pianika di kelas X. E 3 SMA Negeri 1 Palupuh. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi perangkat pembelajaran, lembar observasi siswa, dan tes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi/pengamatan, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi yang digunakan guru dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ansambel musik sejenis yaitu ansambel musik pianika dengan menggunakan teknik pernafasan dan teknik penjarian yang baik dalam memainkan alat musik pianika. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu memperhatikan dengan serius penjelasan dari guru 55,5%, melakukan tanya jawab 44,4%, mengerjakan perintah guru 48,1%, tampil berkelompok di depan kelas 100%. Setelah melakukan perbaikan, presentase aktivitas belajar siswa meningkat yaitu memperhatikan dengan serius penjelasan dari guru 81,4%, melakukan tanya jawab 70,3%, mengerjakan perintah guru 74%, tampil berkelompok di depan kelas 100%. Penggunaan metode demonstrasi di kelas X. E 3 juga berdampak pada ketuntasan hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari presentase ketuntasan hasil belajar siswa di siklus I yaitu 26% meningkat pada siklus II menjadi 74%. Ratarata hasil belajar siswa menggunakan metode demonstrasi pada siklus I 76, dan pada siklus II meningkat menjadi 84 dengan kriteria nilai baik. Jadi dengan menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran ansambel musik sejenis yaitu ansambel pianika dapat meningkatkan hasil belajar yang diperoleh oleh siswa kelas X. E 3 SMA Negeri 1 Palupuh, dan berhasil mencapai target yang ditetapkan peneliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, Irdhan Epria DarmaUNSPECIFIED
CorrectorLumbantoruan, JagarUNSPECIFIED
CorrectorHadi, HarisnalUNSPECIFIED
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 31 Jan 2024 06:57
Last Modified: 31 Jan 2024 06:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50306

Actions (login required)

View Item View Item