Pengembangan Media Pembelajaran Digital untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Dasar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di SD

Devi, Yufriana (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Digital untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Dasar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di SD. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_MEILA_YUFRIANA_DEVI_21124014_3318_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan dilapangan yang menunjukkan rendahnya keterampilan literasi dasar peserta didik yang disebabkan oleh keterbatasan dalam mengguanakan media pembelajaran serta kurangnya pemahaman tentang perkembangan media jenis lain, karena media yang digunakan biasanya adalah WhatsApp,Groub dan Youtobe. Peneliti bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran digital untuk meningkatkan keterampilan literasi dasar peserta didik. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu analisis pendahuluan, tahap perancangan, dan tahap penilaian. Tempat penelitian adalah SDN yang ada di Pasaman barat. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas V SD. Data yang dikumpulkan berdasarkan intrumen angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran digital dinyatakan sangat valid dengan nilai kevalitan dari ahli dan praktisi dengan nilai 0,97, sangat praktis dengan nilai kepraktisan 0,96 respon guru dan 0,96 respon peserta didik, sangat efektif dengan nilai 98,34% angket respon positif dan hasil quis 95%. Sehingga media pembelajaran digital bisa digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan iterasi dasar peserta didik, sehingga dengan adanya data tersebut menyebabkan media pembelajaran digital dinyatakan sangat valid untuk digunakan dalam meningkatkan keterampilan literasi di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRusdinal, RusdinalUNSPECIFIED
CorrectorMiaz, YulvemaUNSPECIFIED
CorrectorKadri, hanif AlUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL, KETERAMPILAN LITERASI DASAR
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 31 Jan 2024 03:20
Last Modified: 31 Jan 2024 03:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50302

Actions (login required)

View Item View Item