An Analysis of English Teachers’challenges in Implementing Merdeka Curriculum at SMAN 3 Solok Selatan

Fitra, Septrida (2023) An Analysis of English Teachers’challenges in Implementing Merdeka Curriculum at SMAN 3 Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Septrida_Fitra_19018041_7488_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tantangan yang dihadapi oleh guru bahasa Inggris dalam penerapan Merdeka kurikulum di SMAN 3 Solok Selatan. Untuk mendapatkan jawaban tentang tantangan apa yang ditemukan dalam pengimplementasian kurikulum merdeka peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan instrumen wawancara mendalam yang digunakan dalam penelitian ini. Narasumber yang digunakan dalam penelitian ini adalah tiga orang guru bahasa Inggris di SMAN 3 Solok Selatan. Peneliti memulai dengan pertanyaan umum dan mempersilahkan guru berbicara sesuai dengan topik bahasan. Untuk menghindari kesalahpahaman, guru diwawancarai dalam bahasa Indonesia. Hasilnya menunjukkan bahwa ada lima indikator tantangan yang dihadapi guru bahasa Inggris dalam menerapkan kurikulum Merdeka. Lima tantangan dalam penerapannya kurikulum Merdeka adalah merancang RPP (mereka harus merancang kegiatan dan materi pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa yang berbeda-beda), penerapan modul ajar didalam kelas (adanya keterbatasan waktu), penggunaan media (masih banyak platform yang tidak dapat digunakan oleh guru), pengelolaan kelas (untuk memotivasi siswa agar mau mengikuti pembelajaran sampai selesai.), dan penilaian pembelajaran (mengolah nilai dan juga harus mengenali kemampuan setiap siswa dengan keterbatasan waktu untuk mata pelajaran bahasa Inggris). Melalui penelitian ini, diharapkan hasil temuan ini dapat membantu guru bahasa Inggris untuk mengatasi tantangan dalam penerapannya Merdeka kurikulum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTiarina, YuliUNSPECIFIED
CorrectorFitrawati, FitrawatiUNSPECIFIED
CorrectorArianto, M. AffandiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:46
Last Modified: 30 Jan 2024 07:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50290

Actions (login required)

View Item View Item