Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Perguruan Islam Ar-Risalah

Herdian, Feri (2023) Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Perguruan Islam Ar-Risalah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_FERI_HERDIAN_17016058_7984_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah bertujuan untuk, pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Perguruan Islam Ar- Risalah sebelum menggunakan model pembelajaran CIRC. Kedua, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Perguruan Islam Ar-Risalah sesudah menggunakan model pembelajaran CIRC. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Perguruan Islam Ar- Risalah. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Perguruan Islam Ar- Risalah yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 180 siswa. Sampel yang ditentukan dengan Purposive Sampling, pada penelitian ini adalah kelas VIII Jizan yang terdiri atas 30 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman teks berita siswa kelas VIII SMP Perguruan Islam Ar- Risalah sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran CIRC. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman teks berita sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran CIRC. Penganalisisan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus persentase, rumus rata- rata hitung, dan uji-t. Instrumen dalam penelitian adalah dengan menggunakan tes objektif yang terdiri dari 25 butir soal dengan empat pilihan jawaban (A, B, C & D). Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks berita siswa kelas VIII SMP Perguruan Islam Ar-Risalah sebelum menggunakan model pembelajaran CIRC dengan kualifikasi Baik (B) (82,9 > 80). Kedua, keterampilan membaca pemahaman teks berita siswa kelas VIII SMP Perguruan Islam Ar-Risalah sesudah menggunakan model pembelajaran CIRC dengan kualifikasi Baik Sekali (BS) (87,2 >80). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran CIRC terhadap keterampilan membaca pemahaman teks berita siswa kelas VIII SMP Perguruan Islam Ar- Risalah. Hal ini dapat dibuktikan dengan thitung lebih besar dari ttabel (2,62 > 1,69) dan peningkatan rata-rata nilai siswa (87,2 > 82,9) . Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian H1 diterima dengan taraf signifikansi 95% dan dk=n-1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyahrul R, Syahrul RUNSPECIFIED
CorrectorAbdurrahman, AbdurrahmanUNSPECIFIED
CorrectorNoveria, EnaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 30 Jan 2024 06:32
Last Modified: 30 Jan 2024 06:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50284

Actions (login required)

View Item View Item