Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Read-Answer-Discuss-Explain-Create (Radec) Berbantuan 3D Pageflip Professional untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Martinopa, Lindri (2023) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Read-Answer-Discuss-Explain-Create (Radec) Berbantuan 3D Pageflip Professional untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_LINDRI_MARTINOPA_21124013_6376_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berbasis Read-Answer-Discuss-Explain-Create (RADEC) berbantuan 3D Pageflip Professional untuk siswa kelas V sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan atau R&D dengan model pengembangan ADDIE, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Instrumen penelitian berupa wawancara, angket atau kuisioner, tes, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 07 Kp.Jawa II, SDN 04 Rawang, dan SDN 17 Kp.Baru Pariaman. Melibatkan lima orang validator, masing-masing dari ahli materi atau isi berjumlah tiga, 1 orang dosen ahli media dan satu orang dosen ahli bahasa. Hasil validitas bahan ajar memperoleh rata-rata skor validasi menjadi 93% yang berkategorikan sangat valid. Angket praktikalitas guru dan siswa menghasilkan 91% untuk praktikalias oleh guru dan 91% untuk praktikalitas siswa yang berkategori praktis. Sedangkan hasil uji efektivitas menghasilkan rata-rata 91,12% untuk aktivitas siswa, 89,42% untuk hasil belajar dan score N gain sebesar 76,152% yang berada dalam kategori efektiv. Berdasarkan temuan penelitian ini, disimpulkan bahwa Pengembangan bahan ajar berbasis Read-Answer-Discuss-Explain-Create (RADEC) berbantuan 3D Pageflip Professional untuk siswa kelas V sekolah dasar dinyatakan valid, praktis, dan efektif .

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmini, RisdaUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BAHAN AJAR, READ-ANSWER-DISCUSS-EXPLAIN-CREATE (RADEC), 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 30 Jan 2024 06:32
Last Modified: 30 Jan 2024 06:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50283

Actions (login required)

View Item View Item