Pengembangan Bahan Ajar Klasifikasi Materi Terintegrasi Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD

Annisa, Indriani Sevti (2023) Pengembangan Bahan Ajar Klasifikasi Materi Terintegrasi Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_INDRIANI_SEVTI_ANNISA_17124096_18_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa PGSD dan mendeskripsikan hasil pengembangan bahan ajar berbasis Problem Based Learning (PBL) yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Bahan ajar yang dikembangkan divalidasi oleh pakar bahasa, pendidikan, dan kegrafikan. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 di LPTK A dan B. Kepraktisan bahan ajar dilihat dari keterlaksanaan Satuan acara pembelajaran, angket respon mahasiswa, dan angket respon dosen. Keefektifan bahan ajar dilihat melalui penilaian proses, pengamatan dan tes kemampuan berpikir kritis. Hasil validasi penelitian yang diperoleh terhadap RPS, SAP, bahan ajar, dan soal tes kemampuan berpikir kritis dengan rerata 85%, 91%, 87%, dan 89% dengan kategori sangat valid dari segi isi, bahasa, dan kegrafikan. Hasil uji praktikalitas dilaksanakan pada mahasiswa semester 3 di LPTK A dengan hasil observasi keterlaksanaan SAP dengan rata-rata 81%, respon mahasiswa rata-rata 81%, dan respon dosen rata-rata 89% yang menyatakan bahwa bahan ajar sudah praktis. Hasil penilaian proses kemampuan berpikir kritis mahasiswa wilayah A dengan rata-rata 82% dan wilayah B 82%. Pengamatan aktivitas berpikir kritis LPTK wilayah A 80% dan wilayah B 82%, dan tes kemampuan berpikir kritis dengan N-gain LPTK wilayah A 0,50 dan wilayah B 0,59 yang terlihat efektif dengan peningkatan kemampuan berpikir kritis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar klasifikasi materi terintegrasi matematika yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorSyarifuddin, HendraUNSPECIFIED
CorrectorArief, DarnisUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR, KLASIFIKASI MATERI TERINTEGRASI MATEMATIKA, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 30 Jan 2024 04:50
Last Modified: 30 Jan 2024 04:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50262

Actions (login required)

View Item View Item