Pengembangan Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar

Marsari, Henni (2023) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_HENNI_MARSARI_20124012_1533_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran abad 21 menuntut guru untuk mampu mengantarkan peserta didik memiliki keterampilan 4C (creativity, critical thinking, communication, and collaboration) dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya bahan ajar buatan guru yang digunakan dalam proses pembelajaran di kelas, sebab masih mengandalkan buku tema yang diedarkan oleh pemerintah sehingga keterampilan 4C dalam diri peserta didik belum tercapai yang mengakibatkan peserta didik belum termotivasi maksimal dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar STEM untuk Kelas III SD yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III sekolah dasar dengan total peserta didik sebanyak 58 orang dari tiga sekolah dasar di Kabupaten Pasaman Barat. Data penelitian adalah data hasil pengembangan bahan ajar STEM untuk kelas III SD. Penelitian menunjukkan hasil analisis data validasi buku ajar oleh para ahli dan praktisi pendidikan diperoleh rata-rata 92,7 kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas dengan menggunakan angket guru dan peserta didik diperoleh rata-rata 92,85 dan 92,93 dengan kategori sangat praktis. Efektifitas bahan ajar ini juga ditunjukkan oleh peningkatan rata-rata literasi sains peserta didik setelah menggunakan bahan ajar STEM sebesar 87 dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa bahanajar STEM untuk kelas III sekolah dasar yang dikembangkan dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan literasi sains peserta didik di kelas III SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRifma, RifmaUNSPECIFIED
CorrectorMias, YalvemaUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BAHAN AJAR; LITERASI SAINS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 30 Jan 2024 03:03
Last Modified: 30 Jan 2024 03:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50246

Actions (login required)

View Item View Item