Nakata, Yua Nagami
(2023)
Hubungan Minat Belajar Daring dengan Karakter
Siswa Kelas XII Jasa Boga di SMKN 9 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan
pembelajaran daring akibat sarana dan infrastruktur Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) untuk melaksanakan pembelajaran daring di Indonesia belum
tersedia secara memadai dan merata. Hal ini menyebabkan berkurangnya minat
siswa dalam pembelajaran daring yang mengakibatkan kurang baiknya karakter
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat belajar daring,
mendeskripkan karakter siswa dan menganalisis apakah terdapat hubungan minat
belajar daring dengan karakter siswa kelas XII Jasa Boga di SMKN 9 Padang.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif
dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XII
Jasa Boga di SMK Negeri 9 Padang, yaitu sebanyak 215 orang. Pengambilan
sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling dengan
persentase kelonggarag sebesar 10% dan berjumlah 68 responden. Data
dikumpulkan melalui penyebaran angket dengan menggunakan skala Likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori tingkat capaian responden
(TCR) minat belajar daring adalah sebesar 3,64 dengan kategori tinggi dan tingkat
capaian responden (TCR) karakter siswa adalah sebesar 3,05 dengan kategori
sedang.Terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar daring dengan
karakter siswa kelas XII Jasa boga di SMKN 9 Padang.
Actions (login required)
|
View Item |