Hubungan Pengetahuan Kemasan Pangan dengan Sikap Mahasiswa S1 Tata Boga UNP Terhadap Tindakan Penggunaan Plastik untuk Makanan Panas

Fauzi, Rifdahul (2023) Hubungan Pengetahuan Kemasan Pangan dengan Sikap Mahasiswa S1 Tata Boga UNP Terhadap Tindakan Penggunaan Plastik untuk Makanan Panas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1-1_RIFDAHUL_FAUZI_18075116_6988_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh produk makanan olahan yang banyak dijual saat ini dikemas dalam berbagai bentuk yang menarik. berbagai jenis bahan, salah satunya adalahplastik. Namun permasalahan muncul karena adanya masyarakat yang menggunakankemasan plastik yang tidak sesuai dengan standar untuk makanan panas yang dapat membahayakan kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tingkat pengetahuankemasan pangan, sikap mahasiswa dalam menggunakan plastik untuk makanan panas, danmenganalisis hubungan antara pengetahuan kemasan pangan dan sikap mahasiswa S1 tataboga terhadap tindakan penggunaan plastik untuk makanana panas. Jenis penelitianmenggunakan metode kuantitatif, pendekatan korelasional. Populasi pada penelitianini adalah mahasiswa Tata Boga angkatan 2019 dan 2020. Sampel penelitian 65 orang yangdipilih dengan Proportional Random Sampling. Data dikumpulkan dengan penyebaran angket melalui google form yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data diolah secara deskriptif, uji persyaratan analisis, dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan mahasiswa tentang kemasanpangan berada pada kategori sedang dengan persentase 34%, tingkat sikap mahasiswaterhadap tindakan penggunaan plastik untuk makanan panas berada pada kategori sedangdengan persentase 43%, dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antarapengetahuan kemasan pangan dengan sikap sikap mahasiswa terhadap tindakan penggunaanplastik untuk makanan panas dengan nilai korelasi rxy 0,621 dan nilai Thitung (6.283) >Ttabel (1.999). artinya semakin tinggi pengetahuan maka semakin tinggi pula sikap mahasiswadalam menggunakan plastik untuk makanan panas dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFaridah, AnniUNSPECIFIED
CorrectorGusnita, WiwikUNSPECIFIED
CorrectorInsan, Ranggi RahimulUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine and Food > Food General
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 30 Jan 2024 00:36
Last Modified: 30 Jan 2024 00:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50209

Actions (login required)

View Item View Item