Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bernyanyi Siswa dalam Pembelajaran Seni Budaya melalui Metode Latihan di kelas VII A SMP Pembangunan Laboratorium UNP

Yudha, Fatia Apriliana (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bernyanyi Siswa dalam Pembelajaran Seni Budaya melalui Metode Latihan di kelas VII A SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_FATIA_APRILIANA_YUDHA_19232004_3995_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkaan hasil belajar bernyanyi siswa dalam pembelajaran seni budaya melalui metode Latihan di kelas VII A SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), maka prosedur penelitian ini sesuai dengan prosedur penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam prosedur siklus. Instrumen penelitian ini yaitu lembar tes penelitian dan dibantu alat tulis, handphone dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes berbentuk lisan, tulisan maupun praktek bernyanyi siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, pada setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar bernyanyi dalam pembelajaran seni budaya melalui metode Latihan di kelas VII A, yang mana hasil belajar bernyanyi diperoleh dari jumlah 27 siswa yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan dengan memperoleh hasil penelitian rata-rata pada sikus I 76% dengan kategori baik, tetapi masih banyak siswa yang belum sesuai dengan tujuan pembelajaran yaitu mampu mempraktekkan bernyanyi dengan teknik yang benar. Selanjutnya pada hasil penelitian rata-rata siswa pada siklus II memperoleh nilai 87% kategori sangat baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui metode latihan dapat meningkatkan hasil belajar bernyanyi siswa dalam pembelajaran seni budaya kelas VII A SMP Pembangunan Laboratorium UNP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdipal, ArdipalUNSPECIFIED
CorrectorMaestro, EsyUNSPECIFIED
CorrectorLumbantoruan, JagarUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:00
Last Modified: 29 Jan 2024 04:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50162

Actions (login required)

View Item View Item