Noveli, Adytio Fran
(2023)
Minat Siswa Dalam Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Ditinjau Dari Motivasi Belajar dan Pendapatan Orang Tua Pada Siswa XII TKR di SMKN 1 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Manusia membutuhkan beberapa jenis tuntutan ekonomi untuk bertahan
hidup di dunia ini. Akibatnya, pendapatan dan masalah terkait pendapatan terkait
dengan keluarga. Orang tua yang berpenghasilan tinggi akan mampu membiayai
berbagai prasarana dan sarana penunjang kegiatan pendidikan anak. Motivasi
belajar dan pendapatan orang tua berperan penting dalam menentukan keberhasilan
siswa dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Perubahan dalam lingkungan
dan perubahan pribadi dapat memengaruhi minat siswa terhadap pendidikan tinggi.
Memahami motivasi belajar dan pendapatan orang tua memiliki peran penting
dalam memberikan dukungan yang tepat untuk memfasilitasi perjalanan pendidikan
mereka ke tingkat yang lebih tinggi.
Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XII SMK N
1 Padang T.A 2022/2023. Dalam penelitian ini, dilakukan analisis terhadap dua
variabel, yaitu motivasi belajar (X1) dan pendapatan orang tua (X2), yang
mempengaruhi minat siswa untuk melanjutkan studi ke pendidikan tinggi (Y).
Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Untuk mengamati
pengaruh variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y) dalam penelitian
ini, dilakukan analisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 26.
Hasil analisis regresi berganda diperoleh nilai signifikansi untuk motivasi
belajar (X1) adalah 0.000 < 0,05 atau Thitung > Ttabel = 9.134 > 2.02439, artinya
terdapat pengaruh nyata (signifikan) variabel bebas X1 (Motivasi Belajar) terhadap
variabel terikat Y (Minat S1) secara parsial. Nilai signifikansi untuk pendapatan
orang tua (X2) bernilai 0.373 > 0,05 atau Thitung < Ttabel = -0.902 < 2.02439,
artinya tidak terdapat pengaruh nyata (signifikan) variabel bebas X2 (Pendapatan
Orang Tua) terhadap variabel terikat Y (Minat S1) secara parsial. Dari hasil analisis
regresi sederhana diperoleh berdasarkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan Fhitung
> Ftabel = 41,967 > 3,24. Artinya terdapat pengaruh nyata (signifikan) variable
bebas (Motivasi Belajar. Pendapatan Orang Tua) secara simultan atau bersama-sama terhadap variabel terikat (Minat S1).
Actions (login required)
|
View Item |