Minat Siswa Dalam Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Ditinjau Dari Motivasi Belajar dan Pendapatan Orang Tua Pada Siswa XII TKR di SMKN 1 Padang

Noveli, Adytio Fran (2023) Minat Siswa Dalam Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Ditinjau Dari Motivasi Belajar dan Pendapatan Orang Tua Pada Siswa XII TKR di SMKN 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_9_Adytio_Fran_Noveli_18073040_5670_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Manusia membutuhkan beberapa jenis tuntutan ekonomi untuk bertahan hidup di dunia ini. Akibatnya, pendapatan dan masalah terkait pendapatan terkait dengan keluarga. Orang tua yang berpenghasilan tinggi akan mampu membiayai berbagai prasarana dan sarana penunjang kegiatan pendidikan anak. Motivasi belajar dan pendapatan orang tua berperan penting dalam menentukan keberhasilan siswa dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Perubahan dalam lingkungan dan perubahan pribadi dapat memengaruhi minat siswa terhadap pendidikan tinggi. Memahami motivasi belajar dan pendapatan orang tua memiliki peran penting dalam memberikan dukungan yang tepat untuk memfasilitasi perjalanan pendidikan mereka ke tingkat yang lebih tinggi. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XII SMK N 1 Padang T.A 2022/2023. Dalam penelitian ini, dilakukan analisis terhadap dua variabel, yaitu motivasi belajar (X1) dan pendapatan orang tua (X2), yang mempengaruhi minat siswa untuk melanjutkan studi ke pendidikan tinggi (Y). Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Untuk mengamati pengaruh variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y) dalam penelitian ini, dilakukan analisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 26. Hasil analisis regresi berganda diperoleh nilai signifikansi untuk motivasi belajar (X1) adalah 0.000 < 0,05 atau Thitung > Ttabel = 9.134 > 2.02439, artinya terdapat pengaruh nyata (signifikan) variabel bebas X1 (Motivasi Belajar) terhadap variabel terikat Y (Minat S1) secara parsial. Nilai signifikansi untuk pendapatan orang tua (X2) bernilai 0.373 > 0,05 atau Thitung < Ttabel = -0.902 < 2.02439, artinya tidak terdapat pengaruh nyata (signifikan) variabel bebas X2 (Pendapatan Orang Tua) terhadap variabel terikat Y (Minat S1) secara parsial. Dari hasil analisis regresi sederhana diperoleh berdasarkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan Fhitung > Ftabel = 41,967 > 3,24. Artinya terdapat pengaruh nyata (signifikan) variable bebas (Motivasi Belajar. Pendapatan Orang Tua) secara simultan atau bersama-sama terhadap variabel terikat (Minat S1).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMaksum, HasanUNSPECIFIED
CorrectorNasir M, Nasir MUNSPECIFIED
CorrectorHidayat, NuzulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:18
Last Modified: 29 Jan 2024 01:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50134

Actions (login required)

View Item View Item