Tindak Tutur Asertif dalam Novel Dia Adalah Kakakku Karya Tere Liye dan Implikasiya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas (SMA)

Amola, Riesha Vyo (2023) Tindak Tutur Asertif dalam Novel Dia Adalah Kakakku Karya Tere Liye dan Implikasiya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas (SMA). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Riesha_Vyo_Amola_19016121_5973_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu, pertama, mendeskripsikan bentuk tindak tutur asertif yang terdapat dalam novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye. Kedua, mendeskripsikan fungsi tindak tutur asertif yang terdapat dalam novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye. Ketiga, mendeskripsikan implikasi pemahaman bentuk dan fungsi tindak tutur asertif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode secara deskriptif berupa tindak tutur asertif pada kalimat percakapan antartokoh di dalam novel Dia Adalah Kakakku Karya Tere Liye. Sumber data penelitian ini adalah novel berjudul Dia Adalah Kakakku Karya Tere Liye. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui studi telaah dokumen dengan teknik observasi dan teknik catat. Teknik pengabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik uraian rinci. Teknik penganalisisan data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu identifikasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bentuk dan fungsi tindak tutur asertif di dalam novel Dia Adalah Kakakku Karya Tere Liye. Pertama, bentuk tindak tutur asertif di dalam novel Dia Adalah Kakakku Karya Tere Liye, yakni tindak tutur asertif menyatakan, menyarankan, membanggakan, mengeluh, menuntut, melaporkan. Kedua, fungsi tindak tutur asertif yang terdapat dalam novel Dia Adalah Kakakku Karya Tere Liye, yaitu fungsi kompetitif, konvival, kolaboratif, dan konfliktif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa bentuk tindak tutur asertif yang dominan ditemukan dalam novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye adalah tindak tutur menyatakan sebanyak 116 tuturan dan bentuk tindak tutur asertif yang paling sedikit ditemukan dalam novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye adalah tindak tutur membanggakan sebanyak 13 tuturan. Selain itu, fungsi tindak tutur asertif yang dominan ditemukan dalam novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye adalah fungsi kolaboratif (bekerja sama) dengan temuan 172 tuturan dan fungsi tindak tutur asertif yang paling sedikit ditemukan adalah fungsi konfliktif sebanyak 24 tuturan. Kemudian, penelitian ini diimplikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada teks novel kelas XII semester genap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNoveria, EnaUNSPECIFIED
CorrectorSyahrul, RUNSPECIFIED
CorrectorArief, ErmawatiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:26
Last Modified: 26 Jan 2024 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50125

Actions (login required)

View Item View Item