Perbandingan Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Discovery Learning pada Materi Dinamika Penduduk Kelas XI IPS 1 Sman 1 2x11 Kayu Tanam

Anggriani, Nurul (2023) Perbandingan Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Discovery Learning pada Materi Dinamika Penduduk Kelas XI IPS 1 Sman 1 2x11 Kayu Tanam. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_01_NURUL_ANGGRIANI_19045032_8744_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Discovery Learning pada materi dinamika penduduk dikelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 SMAN 1 2X11 Kayu Tanam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS semester genap SMAN 1 2X11 Kayu Tanam sampel kelas XI IPS1 22 dan XI IPS2 21 siswa. Instrumen penelitian ini adalah analisis uji coba instrumen, analisis reliabilitas, analisis tingkat kesukaran dan analisis daya pembeda. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Prosedur penelitian terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis, terdapat kesimpulan bahwa model problem based learning lebih besar di banding model pembelajaran discovery learning Besar pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 2X11 Kayutanam,dimana rata-rata kelas model pembelajaran problem based learning 82 sedangkan model pembelajaran discovery learning 80 dan thitung dari model problem based learning sebesar 6,58 sedangkan thitung model pembelajaran discovery learning sebesar 6,31. Jadi dapat disimpulkan Ha di terima dan Ho di tolak dan besar pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 2X11 KAYU TANAM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNovio, ReryUNSPECIFIED
CorrectorSuasti, YurniUNSPECIFIED
CorrectorNova, SariUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: —Hasil belajar,Problem based learning,Discovery learning
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 26 Jan 2024 01:14
Last Modified: 26 Jan 2024 01:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50118

Actions (login required)

View Item View Item