Analisis Chapter Book IPA Kelas X SMA/MA pada Materi Hukum Dasar Kimia Berdasarkan Muatan Literasi Sains

Puteri, Rindina Yunizar (2023) Analisis Chapter Book IPA Kelas X SMA/MA pada Materi Hukum Dasar Kimia Berdasarkan Muatan Literasi Sains. Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_7_RINDINA_YUNIZAR_PUTERI_19035042_7033_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan literasi sains siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya hasil penilaian PISA yang diraih oleh negara Indonesia. Hasil PISA tahun 2018 menempatkan Indonesia pada posisi Ke-71 dari 79 negara partisipan PISA. Salah satu upaya yang dilakukan Kemendikbud untuk merespon hasil PISA adalah menerapkan program merdeka belajar yang merupakan implementasi dari diberlakukannya kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka menekankan pentingnya pembelajaran berbasis literasi disemua mata pelajaran. Untuk menguatkan keselarasan antara rancangan kurikulum dan kurikulum operasional dikembangkan perangkat ajar yang menjadi penghubung antara keduanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keseimbangan muatan kategori literasi sains yang tersaji di dalam chapter book IPA kelas X SMA/MA pada materi hukum dasar kimia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif berupa analisis dokumen dengan pendekatan kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah chapter book IPA kelas X SMA/MA pada materi hukum dasar kimia. Instrumen penelitian berupa lembar dokumentasi yang berisi 4 kategori literasi sains yang diadopsi dari Chiappetta et.al tahun 1991 dan lembar uji reliabilitas dengan format check-list ―Ya‖ dan ―Tidak‖. Hasil penelitian berupa data kemunculan 4 kategori literasi sains yang tersaji dalam chapter book IPA kelas X SMA/MA pada materi hukum dasar kimia dan data koefisien kesepakatan pengamat. Berdasarkan data yang diperoleh didapatkan bahwa koefisien kesepakatan pengamat sebesar 0,86 dengan kategori sangat bagus. Adapun persentase kemunculan 4 kategori literasi sains adalah: 63,80% untuk aspek pengetahuan sains, 22,86% untuk aspek penyelidikan hakikat sains, 9,52% untuk aspek sains sebagai cara berpikir, dan 3,82% untuk aspek interaksi sains, teknologi, dan masyarakat atau memiliki perbandingan 17:6:3:1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYusmaita, EkaUNSPECIFIED
CorrectorIryani, IryaniUNSPECIFIED
CorrectorAini, SyamsiUNSPECIFIED
Additional Information: HUKUM DASAR KIMIA, LITERASI SAINS, INTERAKSI SAINS
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Jan 2024 01:11
Last Modified: 26 Jan 2024 01:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50112

Actions (login required)

View Item View Item