Pengembangan Perangkat Pembelajaran Penyajian Data Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Berpikir Matematika Siswa Kelas V SD

Hastuti, Erni (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Penyajian Data Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Berpikir Matematika Siswa Kelas V SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_ERNI_HASTUTI_18124069_2133_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD berbasis etnomatematika tari Minangkabau pada materi penyajian data dikelas V SD yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Plomp yang terdiri dari 3 fase penelitian yaitu yaituafase investigasiaawal (preliminary research), faseapengembangan atauapembuatan prototipe(development orprototyping phase),dan faseapenilaian (assesment phase). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 05 Koto Baru. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD berbasis etnomatematika tari Minangkabau. Penelitian didukung dengan teknik pengumpulan data berupa analisis dokumen, observasi, wawancara, angket, dan tes. Analisis data dilakukan secara statistik deskriptif dan statistik parametrik. Hasil validasi menunjukkan perangkat pembelajaran berbasis etnomatematika tari Minangkabau valid yang terlihat dari aspek isi, bahasa, didaktik, penyajian, dan kegrafikan. Hasil uji coba juga menunjukan kategori sangat praktis yang terlihat dari segi kemudahan penggunaan, keterbacaan siswa dan ketersediaan waktu sehingga siswa dapat melakukan proses pembelajaran dengan baik menggunakan perangkat pembelajaran berbasis etnomatematika tari Minangkabau. Selain itu, perangkat pembelajaran berbasis etnomatematika tari Minangkabau berdampak pada kemampuan representasi peserta didik yang efektif. Hal ini terlihat dari perbandingan rata-rata kemampuan representasi matematika peserta didik yang menggunakan perangkat pembelajaran berbasis etnomatematika tari Minangkabau dengan yang tidak menggunakannya. Uji hipotesis menunjukan data kelas eksperimen lebih tinggi dari data kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERANGKAT PEMBELAJARAN, BERPIKIR MATEMATIKA SISWA, ETNOMATEMATIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:56
Last Modified: 25 Jan 2024 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50105

Actions (login required)

View Item View Item