Putri, Ersi Rahma
(2023)
Pengaruh Aplikasi Wordwall Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang Kelas XI SMK Nasional Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kuantitas dan kualitas kosakata milik seseorang dapat terlihat pada kemampuan berbahasa yang dimilikinya. Namun masih banyak siswa yang kesulitan dalam hal tersebut. Berdasarkan observasi oleh peneliti saat PLK atau praktik lapangan kependidikan di SMK Nasional Padang dan hasil wawancara kepada guru mapel, kendala siswa dalam menguasai kosakata salah satunya adalah kurangnya minat dan motivasi belajar. Oleh karena itu peneliti ingin memberikan pelajaran dengan bantuan media agar dapat menumbuhkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Jepang khususnya kosakata bahasa Jepang (goi). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh aplikasi wordwall dalam pembelajaran siswa kelas XI SMK Nasional Padang. Penelitian termasuk ke dalam penelitian kuantitatif desain pre-eksperimental one group pretest-posttest dengan sampel berjumlah 17 orang. Dari hasil uji hipotesis ditemukan hasil uji paired sample t-test sebesar 0,000 < 0,05 serta 7,727 > 2,131 atau thitung > ttabel. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi wordwall berpengaruh dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang (goi) siswa kelas XI SMK Nasional Padang.
Actions (login required)
|
View Item |