Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar tematik terpadu dengan Model Guided Discovery Learning Pada Siswa Kelas IVB Sekolah Dasar Negeri 06 Kampung Lapai Padang

Heriwan, Diki (2023) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar tematik terpadu dengan Model Guided Discovery Learning Pada Siswa Kelas IVB Sekolah Dasar Negeri 06 Kampung Lapai Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_DIKI_HERIWAN_19124043_3991_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa belum terbiasa belajar menemukan sendiri suatu informasi. Dalam kegitan pembelajaran terlihat aktivitas siswa terbatas pada kegiatan mendengarkan penjelasan guru, mencatat materi pembelajaran, menjawab pertanyaan dari guru dan diakhiri dengan mengerjakan latihan. Beberapa orang siswa bahkan menunjukkan sikap enggan terlibat dalam pembelajaran karena guru belum menerapkan pembelajaran yang variatif di kelas sehingga pemebelajaran terkesan monoton. Permasalahan tersebut berdampak pada hasil belajar yang diperoleh oleh siswa. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsiskan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu cara dengan menerapkan model Guided discovery learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (class action research). Data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah penulis sebagai praktisi (guru), guru kelas IVB sebagai observer, dan siswa kelas IVB SDN 06 Kampung Lapai dengan jumlah siswa 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Model analisis data kualitatif adalah data yang didapat di lapangan disesuaikan dengan observer/guru kelas kemudian ditulis dengan rapi, terrinci, serta sistematis setiap selesai mengumpulkan data. Model analisis data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh hasil pengamatan aktivitas pembelajaran, sesuai dengan rumus yang digunakan untuk menghitung aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran. Penelitian menghasilkan peningkatan aktivitas belajar bahasa Indonesia dengan menggunakan model Guided discovery learning di kelas IVB SDN 06 Kampung Lapai Padang terjadi peningkatan sebesar 12% dari siklus I ke II, yaitu dari siklus I pertemuan 1 dengan persentase 69% menjadi 81% pada pertemuan 2 dan meningkat 6% pada siklus II menjadi 87%. Peningkatan hasil belajar aspek kognitif meningkat 12% dari nilai rata-rata 75% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II. Pada Aspek sikap siswa mengalami peningkatan sebesar 16% dari nilai rata-rata 71% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II. Aspek keterampilan siswa mengalami peningkatan sebesar 15% dari nilai rata-rata 71% pada siklus I menjadi 86% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArief, DarnisUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorRifma, RifmaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENINGKATAN AKTIVITAS, HASIL BELAJAR, GUIDED DISCOVERY LEARNING
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:24
Last Modified: 25 Jan 2024 02:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50074

Actions (login required)

View Item View Item