Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Nearpod terhadap Aktivitas Belajar Geografi Kelas X di SMA Negeri 1 Gunung Talang

Pernando, Jefri (2023) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Nearpod terhadap Aktivitas Belajar Geografi Kelas X di SMA Negeri 1 Gunung Talang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_01_JEFRI_PERNANDO_18045027_6853_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Nearpod terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas X di SMA Negeri 1 Gunung Talang. Penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu media Nearpod yang bertindak sebagai (variabel independen/bebas atau variabel X) dan aktivitas belajar siswa (variabel dependen/terikat atau variabel Y). Jenis penelitian yang diterapkan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional, subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 1, X IPS 2, dan X IPS 3 pada pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Gunung Talang. Sedangkan objeknya adalah pengaruh media Nearpod terhadap aktivitas belajar siswa. pengambilan sampel menggunakan total sampling didapatkan 88 responden dari kelas X IPS 1, X IPS 2, dan X IPS 3. Teknik pengumpulan data menggunakan bantuan angket masing-masing untuk media Nearpod dan aktivitas belajar siswa. Pengolahan data dalam menggunakan bantuan SPSS versi 22.0 for windows dan Microsoft excel. Hasil penelitian ini di antaranya: 1) Penggunaan media pembelajaran Nearpod pada mata pelajaran Geografi kelas X di SMA Negeri 1 Gunung Talang dinyatakan dalam katagori sedang dengan persentase 61%, sedangkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas X di SMA Negeri 1 Gunung Talang dinyatakan dalam kategori sedang dengan persentase 58%. 2) Penggunaan media Nearpod berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa, hasil analisis r hitung (0,577) lebih besar dari r tabel taraf signifikan 5% atau 1% yaitu 0,209 < 0,577 > 0,273, H0 ditolak dan H1 diterima. Besar pengaruh media Nearpod terhadap aktivitas belajar siswa sebesar 33,2%, koefisien korelasi (r) 0,577. Nearpod berkontribusi 33,2% terhadap aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSurtani, SurtaniUNSPECIFIED
CorrectorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
CorrectorNofrion, NofrionUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Penggunaan, Nearpod, dan Aktivitas Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 24 Jan 2024 14:06
Last Modified: 24 Jan 2024 14:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50063

Actions (login required)

View Item View Item