Perancangan Buku Saku Digital Potensi Sumber Daya Alam Sebagai Sumber Belajar Kontekstual Geografi Di SMANegri 01Lareh Sago Halaban

Dewi, Anisa Fatmala (2023) Perancangan Buku Saku Digital Potensi Sumber Daya Alam Sebagai Sumber Belajar Kontekstual Geografi Di SMANegri 01Lareh Sago Halaban. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_01_ANISA_FATMALA_DEWI_19045117_8489_2023.pdf

Download (599kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan buku saku digital sebagai sumber belajar kontekstual geografi,(2) Menentukan validitas bukusakudigital dan (3) Menentukan praktikalitas buku saku digital. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan 4-d. Produk yang dihasilkan berupabuku saku digital dengan materi potensi sumber daya alam. Teknik pengumpulandata menggunakan angket dengan penilaian skala likert. Validasi dilakukan oleh4orang dosen yang terdiri dari 2 ahli materi, 1 ahli media, dan 1 ahli bahasa. Uji kepraktisan dilakukan oleh 3 guru geografi dan 34 siswa kelas XI SMANegri 01Lareh Sago Halaban. Hasil penelitian terdiri dari :1) Telah dikembangkan buku saku digital melalui 4 tahap yaitu a) define, b) design, c)develop, dan d) disseminate dalambentuk flipbook yang dapat diakses melalui linkhttps://online.fliphtml5.com/kwgrk/fpsh/ 2) Hasil validasi buku saku digital potensi sumber daya alam berdasarkan penilaian :a) Ahli materi diperolehnilai akhir 83,57 % (sangat valid), b) Ahli media diperoleh nilai akhir 100%(sangat valid), dan c) Ahli bahasa diperoleh nilai akhir 96% (sangat valid). 3) Penilaianpraktikalitas buku saku digital berdasarkan penilaian : a) Penilaian guru diperolehnilai akhir 95,83% (sangat valid), dan b) Penilaian siswa diperoleh nilai akhir 87,31 % (sangat valid). Dengan demikian buku saku digital potensi sumber dayaalam pada kelas XI ini sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai sumber balajar dalam pembelajaran geografi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNofrion, NofrionUNSPECIFIED
CorrectorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
CorrectorNovio, ReryUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Buku saku digital, sumber belajar, pengembangan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 24 Jan 2024 08:04
Last Modified: 24 Jan 2024 08:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50052

Actions (login required)

View Item View Item