Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Kemampuan Ekspresi Anak di Taman Kanak-Kanak Sabbihisma 2 Ulak Karang.

RKT, Novita Ramanda (2023) Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Kemampuan Ekspresi Anak di Taman Kanak-Kanak Sabbihisma 2 Ulak Karang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_NOVITA_RAMANDA_19022105_5871_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan anak untuk mengekspresikan emosinya serta kurangnya kemampuan anak untuk membesar anak juga belum bisa membedakan jenis-jenis ekspresi. Pengenalan ekspresi bagi anak usia dini perlu dilakukan, karena suasana hati anak akan sangat mempengaruhi proses pembelajaran dan tentunya berkaitan erat dengan hasil belajar anak.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaanmedia animasi terhadap pengenalan ekspresi anak di kelompok B di Taman Kanak- Kanak Sabbihisma 2 Ulak Karang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan model one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data berupa tes perbuatan. Pengambilan data dan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik TK Sabbihisma2 Ulak Karang, dengan jumlah peserta didik 66 anak, sampel pada penelitian ini adalah 18 anak, 9 anak kelas B2 dan 9 anak kelas B3. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, homogenitas, t-test, dan juga effect size. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen dengan menggunakan media animasi diperoleh nilai rata-rata sebesar 17,56 sedangkan pada kelas kontrol dengan menggunakan media kartu emoticon sebesar 15,56. Melalui perhitungan uji effect size dengan menggunakan rumus Cohens diperoleh hasil sebesar 1,769. Berdasarkan nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0.02 < 0.05 dapat dikategorikan bahwa penggunaan media video animasi dalam pengenalan ekspresi pada anak di Taman Kanak-Kanak Sabbihisma 2 Ulak Karang memiliki pengaruh yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnggraini, ViviUNSPECIFIED
CorrectorHartati, SriUNSPECIFIED
CorrectorYeni, IndraUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:03
Last Modified: 24 Jan 2024 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50046

Actions (login required)

View Item View Item