Perbandingan Penggunaan Media Animasi Tutorial dan Media Gambar Tentang Kegiatan Berwudhu Pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Uswatun Hasanah Kota Padang.

Safitri, Desnita Riana (2023) Perbandingan Penggunaan Media Animasi Tutorial dan Media Gambar Tentang Kegiatan Berwudhu Pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Uswatun Hasanah Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_DESNITA_RIANA_SAFITRI_19022073_5856_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu pengenalan kegiatan wudhu dilakukan seminggu sekali yaitu setiap hari jum'at dan dilakukan dengan cara guru menjelaskan tahap demi tahap dari gerakan wudhu dan mempraktekkannya dengan menggunakan air. Peneliti melihat bahwa anak tidak memperhatikan guru. Sehingga saat diminta mempraktekkan secara mandiri anak belum mampu melakukan gerakan wudhu dengan lancar dan urutan yang benar. Ketika melakukan wudhu anak sering salah urutan dan terbalik-balik. Contohnya ketika selesai membasuh hidung anak langsung membasuh tangan sampai ke siku, dan ketika selesai membasuh kaki, anak masih melakukan gerakan mengusap kepala. Pengenalan wudhu dilakukan tanpa menggunakan media yang efektif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media animasi tentang pengenalan kegiatan berwudhu pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Uswatun Hasanah Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan model one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data berupa tes perbuatan dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik TK Uswatun Hasanah Kota Padang yang berjumlah 46 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel berjumlah 32 anak, 16 anak kelas Bl dan 16 anak kelas B3. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, homogenitas, t-test, dan juga dilanjutkan dengan effect size. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen 1 dengan treatment media animasi tutorial memperoleh nilai rata-rata sebesar 34,81 sedangkan pada kelas eksperimen 2 dengan treatment media gambar sebesar 27,75. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan teknik t-test diperoleh hasil bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan pada perhitungan uji effect size memperoleh nilai 1,907 yang termasuk dalam kategori kuat. Dengan demikian media animasi tutorial pada kelas eksperimen 1 memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan anak dalam berwudhu dibandingkan kelas eksperimen 2 yang menggunakan media gambar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnggraini, AnggrainiUNSPECIFIED
CorrectorHartati, SriUNSPECIFIED
CorrectorWirman, AsdiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 06:56
Last Modified: 24 Jan 2024 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50045

Actions (login required)

View Item View Item