Edlis, Ummu Shiddiqah
(2023)
Peningkatan Basil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) di Kelas V SD Negeri 05 Padang Pasir Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan di lapangan yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran karena kurangnya aktivitas belajar yang melibatkan peserta didik, sehingga peserta didik masih kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan serta hasil belajar yang diperoleh setelah menggunakan model Cooperative Learning tipe Team Games Tournament (TGT) pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan j enis
pendekatan kualitatif dan kuantitati£ Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan prosedur yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di kelas V, dengan jumlah peserta didik 26 orang yang terdiri dari 17 orang perempuan dan 9 orang laki-laki pada semester II tahun ajaran
2022/2023. Sumber data diperoleh dari proses pembelajaran (aktivitas guru dan peserta
didik) dan hasil belajar yang diperoleh peserta didik berupa aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan.
Hasil pengamatan RPP siklus I persentase rata-rata 83,32% dengan predikat (B),
meningkat menjadi rata-rata 97,22% dengan predikat (SB). Hasil pengamatan aktivitas guru siklus I persentase rata-rata 80,35% dengan predikat (B), meningkat menjadi rata- rata 96,42% dengan predikat (SB). Pada hasil pengamatan aktivitas peserta didik siklus I persentase rata-rata 80,35% dengan predikat (B), meningkat menjadi rata-rata 96,42%. Hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 77,14, pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata 94,48. Dengan demikian, berdasarkan data penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model pembelaj aran tipe Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD N egeri 05 Padang Pasir Kota Padang.
Actions (login required)
|
View Item |