Peningkatan Basil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) di Kelas V SD Negeri 05 Padang Pasir Kota Padang.

Edlis, Ummu Shiddiqah (2023) Peningkatan Basil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) di Kelas V SD Negeri 05 Padang Pasir Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_UMMU_SHIDDIQAH_EDLIS_19129175_5780_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan di lapangan yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran karena kurangnya aktivitas belajar yang melibatkan peserta didik, sehingga peserta didik masih kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan serta hasil belajar yang diperoleh setelah menggunakan model Cooperative Learning tipe Team Games Tournament (TGT) pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan j enis pendekatan kualitatif dan kuantitati£ Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan prosedur yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di kelas V, dengan jumlah peserta didik 26 orang yang terdiri dari 17 orang perempuan dan 9 orang laki-laki pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Sumber data diperoleh dari proses pembelajaran (aktivitas guru dan peserta didik) dan hasil belajar yang diperoleh peserta didik berupa aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Hasil pengamatan RPP siklus I persentase rata-rata 83,32% dengan predikat (B), meningkat menjadi rata-rata 97,22% dengan predikat (SB). Hasil pengamatan aktivitas guru siklus I persentase rata-rata 80,35% dengan predikat (B), meningkat menjadi rata- rata 96,42% dengan predikat (SB). Pada hasil pengamatan aktivitas peserta didik siklus I persentase rata-rata 80,35% dengan predikat (B), meningkat menjadi rata-rata 96,42%. Hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 77,14, pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata 94,48. Dengan demikian, berdasarkan data penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model pembelaj aran tipe Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD N egeri 05 Padang Pasir Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
CorrectorSuriani, AriUNSPECIFIED
CorrectorAstimar, NellyUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:01
Last Modified: 24 Jan 2024 07:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50039

Actions (login required)

View Item View Item