Peningkatan Basil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Thin Talk Write (TTW) di Kelas V SDN 17 Manggis Ganting Kota Bukittinggi

Tarisa, Sintia (2023) Peningkatan Basil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Thin Talk Write (TTW) di Kelas V SDN 17 Manggis Ganting Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_SINTIA_TARISA_19129292_4819_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ditemukan dilapangan yaitu hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Dapat dilihat pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang digunakan belum dikembangkan dari buku guru. Indikator dan penggunaan KKO yang belum tepat. Pelaksanaan proses kegiatan belajar mengajar di kelas yang monoton, serta dalam kegiatan belajar guru jarang menggunakan kegiatan diskusi kelompok yang mengakibatkan masih banyak siswa yang kurang aktif. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada pembelajarantematik terpadu di kelas V SDN 1 7 Manggis Ganting Kota Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan pendekatan yang digunakan yaitu kualititatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian yaitu terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan hasil tes. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas V SDN 17 Manggis Ganting Kota Bukittinggi dimana tercatat peserta didik sebanyak 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam a) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) siklus I memperoleh rata-rata 84,08% (B) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 95,45% (SB), b) pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru, siklus I memperoleh rata-rata 80,35% (B) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 96,42% (SB) dan pada aspek peserta didik, siklus I memperoleh rata-rata 80,35% (B) kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 92,85% (SB), c) hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 77,74 (C) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 86,74 (B). Dapat disimpulkan bahwa dengan model Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu kelas V SDN 17 Manggis Ganting Kota Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
CorrectorIndrawati, TinUNSPECIFIED
CorrectorWaldi, AtriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 06:59
Last Modified: 24 Jan 2024 06:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50033

Actions (login required)

View Item View Item