Peningkatan Hasil Belajar PembelajaranTematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 34 Pasar Baru Kabupaten Pesisir Selatan

Ummamy, Raudhatya (2022) Peningkatan Hasil Belajar PembelajaranTematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 34 Pasar Baru Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_RAUDHATYA_UMMAMY_18129159_5690_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dimana permasalahan pada hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu yang masih rendah, peserta didik yang terlihat kurang aktif dalam pembelajaran, guru belum memperkenalkan peserta didik dengan masalah nyata yang dekat dengan lingkungan peserta didik. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian rm bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu kelas V SDN 34 Pasar Barn Kabupaten Pesisir Selatan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Hasil pengamatan RPP pada siklus I pertemuan I memperoleh presentase 75% dengan kualifikasi baik (B) sehingga pada siklus I pertemuan II memperoleh presentase 83,33% dengan kualifikasi baik (B) dan pada siklus II meningkat menjadi 94.4% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Hasil pengamatan aspek guru memperoleh 78.57% dengan kualifikasi baik (B) sehingga pada siklus I pertemuan II memperoleh 89,2% dengan kualifikasi baik (B) dan pada siklus II meningkat menjadi 96.42% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Hasil pengamatam aspek peserta didik memperoleh 78.57% dengan kualifikasi baik (B) sehingga pada siklus I pertemuan II memperoleh 89,2% dengan kualifikasi baik (B) dan pada siklus II meningkat menjadi 96.42% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Hasil belajar pada siklus I pertemuan II memperoleh persentase 54,54% dengan rata-rata 69,83 dengan kaulifikasi cukup (C) meningkat pada siklus I pertemuan II memperoleh persentase 72,72% dengan rata-rata 76,01 dengan kualifikasi baik (B) dan pada siklus II meningkat menjadi 81,81% dengan rata-rata 80,67. Dengan demikian, pembelajaran tematik terpadu dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada kelas V SDN 34 Pasar Barn Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
CorrectorAmini, RisdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 04:23
Last Modified: 24 Jan 2024 04:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50028

Actions (login required)

View Item View Item