Camara, Radila Yuri
(2023)
Pengaruh Model Proble Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN Gugus IV Kecamatan Batang Kapas.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran yang belum menggunakan model pembelajaran inovatif sehingga peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, belum maksimalnya kerja sama antar peserta didik. Hal ini mengakibatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan design penelitian quasi eksperimental design tipe nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel adalah teknik probability sampling type clauster random sampling, diperoleh sampel peserta didik pada penelitian ini yaitu kelas V SDN
17 Sapan sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas V SDN O 1 Pasar kuok
sebagai kelas kontrol. Pembelajaran yang dibandingkan adalah pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan pembelajaran menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes subyektif.
Data dianalisis dengan menggunakan uji-t dan uji N-Gain. Didapatkan hasil thitung= 3,63 dan t1abe1=2,021, sehingga thitung> t1abe1,maka Ha diterima dan Ho di tolak Untuk uji N-Gain data yang diperoleh 10 siswa kelas eksperimen berada pada kriteria tinggi dan 11 siswa berada pada kriteria sedang. Sedangkan di kelas kontrol, terdapat 13 siswa yang berada pada kriteria sedang dan 8 siswa berada pada kriteria rendah. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.
Actions (login required)
|
View Item |