Pengaruh Model Proble Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN Gugus IV Kecamatan Batang Kapas.

Camara, Radila Yuri (2023) Pengaruh Model Proble Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN Gugus IV Kecamatan Batang Kapas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_RADILA_YURI_CAMARA_19129276_8008_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran yang belum menggunakan model pembelajaran inovatif sehingga peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, belum maksimalnya kerja sama antar peserta didik. Hal ini mengakibatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan design penelitian quasi eksperimental design tipe nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel adalah teknik probability sampling type clauster random sampling, diperoleh sampel peserta didik pada penelitian ini yaitu kelas V SDN 17 Sapan sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas V SDN O 1 Pasar kuok sebagai kelas kontrol. Pembelajaran yang dibandingkan adalah pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan pembelajaran menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes subyektif. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t dan uji N-Gain. Didapatkan hasil thitung= 3,63 dan t1abe1=2,021, sehingga thitung> t1abe1,maka Ha diterima dan Ho di tolak Untuk uji N-Gain data yang diperoleh 10 siswa kelas eksperimen berada pada kriteria tinggi dan 11 siswa berada pada kriteria sedang. Sedangkan di kelas kontrol, terdapat 13 siswa yang berada pada kriteria sedang dan 8 siswa berada pada kriteria rendah. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
CorrectorLena, Mai SriUNSPECIFIED
CorrectorZuryanty, ZuryantyUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 04:22
Last Modified: 24 Jan 2024 04:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50025

Actions (login required)

View Item View Item