Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 18 Air Tawar Selatan Kota Padang

Raspita, Hanyyah (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 18 Air Tawar Selatan Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_HANYYAH_RASPITA_19129022_5630_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah dikarenakan pembelajaran yang dilakukan guru belum menggunakan model pembelajaran berbasis masalah secara sempurna . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning pada pembelajaran tematik terpadu. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 17 orang .. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Data penelitian berupa hasil pengamatan RPP, hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran tematikterpadu dan hasil belajar peserta didik menggunakan model Problem Based Learning. Hasil penelitian siklus I pada RPP rata-rata 80,5(baik), meningkat pada siklus II menjadi 97(sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas guru rata-rata 80 ( cukup ), meningkat pada siklus II menjadi 95(sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas peserta didik rata-rata 80(cukup ), meningkat pada siklus II menjadi 95(sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada hasil belajar rata-rata 80 (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 91(sangat baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di SDN 18 Air Tawar Selatan Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
CorrectorErita, YeniUNSPECIFIED
CorrectorAriani, YettiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:54
Last Modified: 24 Jan 2024 02:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50009

Actions (login required)

View Item View Item