Peningkatan Basil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas V SDN 16 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat

Wahyuni, Ema (2023) Peningkatan Basil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas V SDN 16 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_EMA_WAHYUNI_19129015_8250_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah akibat proses pembelajaran yang berpusat pada guru dan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Disebabkan kama guru belum menggunakan model pembelajam yang efektif. Maka mengalibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan model Problem Based Learning pada Kelas V SDN 16 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan sebanyak II siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Setiap siklus memiliki empat tahap yaitu penelitian perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru kelas sebagai observer, peneliti selaku praktisi, dan peserta didik kelas V sebanyak 23 orang yang terdiri dari 13 peserta didik laki-laki dan 10 peserta didik perempuan. Data penelitian berupa hasil pengamatan RPP, hasil pengamatan pembelajaran tematik terpadu, dan hasil belajar peserta didik menggunakan model Problem Based Learning. Hasil penelitian siklus I pada RPP rata-rata 76, 78% (Cukup), meningkat pada siklus II menjadi 92,85% (Sangat Baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas guru rata-rata 80,35% (Baik) meningkat pada siklus II menjadi 96,42% (Sangat Baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas peserta didik rata-rata 78,5% (Cukup) meningkat pada siklus II menjadi 96,42% (Sangat Baik). Pelaksanaan siklus I pada hasil belajar rata-rata 77,56 (Cukup), menigkat pada siklus II menjadi 90,65 (Sangat Baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di SDN 16 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
CorrectorAnita, YesiUNSPECIFIED
CorrectorErita, YeniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:54
Last Modified: 24 Jan 2024 02:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50008

Actions (login required)

View Item View Item