Peningkatan Hasil Belajar Volume Ban gun Ruang Serta Hubungan Bilangan Pangkat Tiga Dengan Akar Pangkat Tiga Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas V SDN 13 Kampung Kandang Kota Pariaman

Amranisa, Dinda (2023) Peningkatan Hasil Belajar Volume Ban gun Ruang Serta Hubungan Bilangan Pangkat Tiga Dengan Akar Pangkat Tiga Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas V SDN 13 Kampung Kandang Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_DINDA_AMRANISA_18129241_6004_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan yang ditemukan di sekolah, yaitu pembelajaran masih berpusat kepada guru atau teacher centered, guru masih kurang memberikan media konkret atau pengalaman langsung pada peserta didik sehingga peserta didik kurang aktif saat proses pembelajaran volume bangun ruang serta hubungan bilangan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga yang berdampak pada rendahnya hasil belajar volume bangun ruang serta hubungan bilangan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran volume bangun ruang serta hubungan bilangan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga dengan model Discovery Learning. Penelitian ini dilaksananakan dengan model Discovery Learning di kelas V SDN 13 Kampung Kandang Kota Pariaman. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 10 orang. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I di mulai dengan hasil analisis penyusunan: a) RPP menunjukkan rata-rata siklus I 87.45% (B) dan siklus II menjadi 91.6% (SB), b) Pelaksanaan aspek guru siklus I rata-rata 82.1 % (B) dan siklus II 92.8% (SB), sedangkan pelaksanaan aspek peserta didik siklus I rata-rata 82.1 % (B), dan siklus II menjadi 92,8% (SB), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 77.6 dan siklus II rata-rata 81,9. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Volume Bangun Ruang serta Hubungan Bilangan Pangkat Tiga dengan Akar Pangkat Tiga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorAriani, YettiUNSPECIFIED
CorrectorFarida, FaridaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:24
Last Modified: 24 Jan 2024 02:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50006

Actions (login required)

View Item View Item