Pembelajaran Teori Musik Menggunakan Software Sibelius di Kelas X Musik SMK N 7 Padang

Alkhudri, Muhamad Rafi (2023) Pembelajaran Teori Musik Menggunakan Software Sibelius di Kelas X Musik SMK N 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_MUHAMAD_RAFI_ALKHUDRI_18232032_8808_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pembelajaran Teori Musik Menggunakan Software Sibelius di kelas X Musik SMKN 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri, rancangan proses pembelajaran dan dibantu dengan alat tulis dan handphone. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkahlangkah menganalisis data adalah mengumpulkan data, mengidentifikasi data, mengklasifikasikan data, mendeskripsikan data dan menyimpulkan data Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa : 1) pembelajaran teori musik dengan materi interval menggunakan software sibelius dikelas X Musik berjalan dengan baik dan lancar, 2) penggunaan software sibelius sebagai media pendukung utama menjadi efektif digunakan dalam pembelajaran teori musik dikelas X Musik SMK N 7 Padang, 3) keefektifan penggunaan software sibelius untuk menyalin notasi musik dan memperdengarkan bunyi secara langsung dirasakan oleh semua siswa., 4) suasana pembelajaran dikelas X Musik menjadi lebih menyenangkan, efektif dan hasilnya lebih baik dengan media pendukung software sibelius.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYensharti, YenshartiUNSPECIFIED
CorrectorHadi, HarisnalUNSPECIFIED
CorrectorLumbantoruan, JagarUNSPECIFIED
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:12
Last Modified: 24 Jan 2024 02:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49997

Actions (login required)

View Item View Item