Oktaviani, Chintya
(2023)
Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Model ARIAS di Kelas III Sekolah Dasar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sehingga membuat peserta didik sering merasa bosan dan kurangnya motivasi dalam belajar. Oleh karena itu, diperlukannya media pembelajaran yang disesuaikan dengan minat dan kesukaan peserta didik, salah satunya dengan mengembangkan media pembelajaran berupa Pop Up Book pada pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran Pop Up Book berbasis model ARIAS di kelas III Sekolah Dasar yang valid dan praktis.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahap I yaitu Analysis, tahap II yaitu Design, tahap III yaitu Development, tahap IV yaitu Implementation, tahap V yaitu Evaluasi. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi, dan angket respon. Dimana lembar validasi terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan lembar validasi ahli bahasa. Subjek Uji Coba produk di SDN 01 Bandar Buat dan subjek penelitian produk di SDN 15 Ulu Gadut.
Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran Pop Up Book yang dikembangkan melalui tahapan validasi aspek materi, aspek media, dan aspek bahasa dengan rata-rata presentase sebesar 92,4% dengan kategori sangat valid. Sedangkan uji praktikalitas pada tahap uji coba kepada peserta didik memperoleh skor rata-rata 91 % dan praktikalitas guru memperoleh skor rata-rata
92% dengan kategori sangat praktis. Untuk hasil praktikalitas tahap implementasi,
untuk guru memperoleh skor rata-rata 96%, dan peserta didik mendapatkan skor rata-rata 93% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Pop Up Book berbasis model ARIAS di kelas III SD yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |