Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share di Kelas V SDN 01 Bandar Buat Kota Padang.

Berliana, Amory Nauli (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share di Kelas V SDN 01 Bandar Buat Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_AMORY_NAULI_BERLIANA_19129188_6364_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian didasari oleh perencanaan pembelajaran yang belum maksimal dan pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang masih berpusat pada guru (teacher centered), sehingga kurangnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran, kurangnya keberanian peserta didik untuk menyampaikan pendapat, dan tidak terjalinnya kerja sama dalam pelaksanaan kelompok belajar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share. Jenis penelitian ini yaitu penelitin tindakan kelas, menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN O 1 Bandar Buat. Sumber data adalah kegiatan pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada: a) RPP pada siklus I memperoleh rata-rata 84, 7% (B), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 94,4% (SB), b) aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 85% (B), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 95% (SB), c) aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 80% (B), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 90% (SB), d) hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 72, 1 % (C), meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 82,3 (B). Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil pelajar peserta didik kelas V SDN O 1 Bandar Buat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTin, IndrawatiUNSPECIFIED
CorrectorAmini, RisdaUNSPECIFIED
CorrectorAstimar, NellyUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 01:41
Last Modified: 24 Jan 2024 01:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49985

Actions (login required)

View Item View Item