Berliana, Amory Nauli
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share di Kelas V SDN 01 Bandar Buat Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian didasari oleh perencanaan pembelajaran yang belum maksimal dan pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang masih berpusat pada guru (teacher centered), sehingga kurangnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran, kurangnya keberanian peserta didik untuk menyampaikan pendapat, dan tidak terjalinnya kerja sama dalam pelaksanaan kelompok belajar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share.
Jenis penelitian ini yaitu penelitin tindakan kelas, menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN O 1 Bandar Buat. Sumber data adalah kegiatan pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada: a) RPP pada siklus I memperoleh rata-rata 84, 7% (B), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 94,4% (SB), b) aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 85% (B), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 95% (SB), c) aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 80% (B), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 90% (SB), d) hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 72, 1 % (C), meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 82,3 (B). Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil pelajar peserta didik kelas V SDN O 1 Bandar Buat.
Actions (login required)
|
View Item |