Pengaruh Penggunaan Schoology Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMAN 10 Padang Pada Materi Alat- Alat Optik dan Pemanasan Global.

Qalbi, Nafizatul (2023) Pengaruh Penggunaan Schoology Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMAN 10 Padang Pada Materi Alat- Alat Optik dan Pemanasan Global. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_5_NAFIZATUL_QALBI_19033046_7499_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan schoology pada pembelajaran dapat mengatasi kendala yang sering terjadi dalam pembelajaran. Salah satunya yaitu peserta didik sering mengalami keulitan dalam memahami materi fisika yang bersifat abstrak. Penerapan schoology pada proses pembelajaran dapat mengurangi persoalan tersebut. Dengan adanya schoology ini menjadi solusi bagi guru untuk berkomunikasi yang bagus antar peserta didik. Schoology ini dilengkapi oleh banyak faktor media seperti video, audio dan image yang mampu meningkatkan minat peserta didik. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan jenis eksperimen semu (quasi eksperimental design), Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara langsung pengaruh suatu variabel dan menguji hipotesis hubungan sebab akibat untuk mengetahui besar pengaruh bahan ajar. Desain penelitian ini menggunakan posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1-7 dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling pada penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sehingga ditentukan kelas sampel yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai pengetahuan dan sikap peserta didik setelah menerapkan schoology dengan meggunakan model problem based learning selama proses pembelajaran. Peningkatan kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Perbedaan ini disebabkan oleh pengaruh penggunaan schoology. Dari analisis didapatkan Fh=-1,83 lebih kecil daripada Ftabel=2,23 yang artinya regresi hasil belajar kognitif linear. Untuk hasil dari perhitungan ini mendapatkan nilai koefisien determinasinya sebesar 85,32% yang berarti prestasi peserta didik terhadap kemampuan kognitif dilihat dari bahan ajar e-learning berbantuan schoology sedangkan 14,68% disebabkan hal lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
CorrectorDarvina, YenniUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Wahyuni SatriaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SCHOOLOGY, HASIL BELAJAR, PEMANASAN GLOBAL.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:05
Last Modified: 24 Jan 2024 02:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49984

Actions (login required)

View Item View Item