Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika SMA dalam Pembelajaran Online

Putri, Dian Nesya (2023) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika SMA dalam Pembelajaran Online. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_DIAN_NESYA_PUTRI_20205040_6271_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Terjadinya Pandemi covid-19 berdampak pada berbagai bidang, salah satunya pendidikan. Akibat dari kebijakan tersebut membuat sektor pendidikan seperti sekolah maupun pendidikan tinggi menghentikan proses pembelajaran secara tatap muka. Sebagai gantinya, proses pembelajaran dilaksanakan secara online yang bisa dilakukan dari rumah masing-masing peserta didik. Pembelajaran online sangat bergantung dengan koneksi jaringan internet yang menghubungkan antar perangkat guru dan peserta didik. Terdapat beberapa masalah dalam pembelajaran matematika secara online, salah satunya adalah koneksi internet yang kurang stabil. Dengan adanya masalah yang dihadapi pada pembelajaran matematika secara online berdampak pada hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu perlu diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika pada pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi hasil belajar matematika SMA dalam pembelajaran online. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei menggunakan kuesioner. Dilakukan uji validitas dan reliabilitas pada kuesioner sebelum penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari kuesioner yang akan disebar kepada peserta didik di dua sekolah di Kota Padang dan Kota Bukittinggi. Data sekunder diperoleh dari nilai peserta didik yang dijadikan sampel pada penelitian ini. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 403 peserta didik. Hasil penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika SMA pada pembelajaran online adalah koneksi internet, sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar online pada pembelajaran matematika SMA adalah koneksi internet, motivasi belajar, biaya, minat belajar, dan kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorI Made, ArnawaUNSPECIFIED
CorrectorYarman, YarmanUNSPECIFIED
CorrectorPermana, DonyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN ONLINE, KESULITAN BELAJAR, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Jan 2024 08:45
Last Modified: 24 Jan 2024 08:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49954

Actions (login required)

View Item View Item