Bentuk Penyajian Tari Sempaya dalam Kesenian Gamad pada Pesta Perkawinan di Desa Ujung Padang Kecamatan Kota Mukomuko Kabupaten Mukomuko

Rahmawati, Laily Wulan (2023) Bentuk Penyajian Tari Sempaya dalam Kesenian Gamad pada Pesta Perkawinan di Desa Ujung Padang Kecamatan Kota Mukomuko Kabupaten Mukomuko. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Laily_Wulan_Rahmawati_19023077_6797_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk penyajian Tari Sempaya dalam Kesenian Gamad pada Pesta Perkawinan di Desa Ujung Padang Kecamatan Kota Mukomuko Kabupaten Mukomuko, Jenis penelitian ini kualitatif dengan metode deskriptif analisis, Objek penelitian adalah Tari Sempaya dalam Kesenian Gamad pada Pesta Perkawinan di Desa Ujung Padang Kecamatan Kota Mukomuko Kabupaten Mukomuko yang difokuskan pada bentuk penyajiannya. Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data skunder. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti Handphone, Kamera digital dan Buku catatan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara Studi pustaka, Observasi, Wawancara, dokumentasi, memilih data yang sesuai dengan Bentuk Penyajian Tari Sempaya dan mendeskripsikan data sesuai dengan masalah masalah yang dibahas. Hasil penelitian bahwa Tari Sempaya di tampilkan pada 28 April 2023 pukul 20:00 WIB sebelum dilaksanakannya prosesi akad nikah esoknya, pada tanggal 30 April ditampilkan dalam acara pesta pernikahan pukul 10:00 WIB di Desa Ujung Padang Kecamatan Kota Mukomuko Kabupaten Mukomuko, Tari Sempaya merupakan salah satu tari tradisional yang menjadi icon dan budaya di Kabupaten Mukomuko, Dinamakan tari Sempaya karena putri kerajaan yang suka menari dan dibuatlah sebuah tarian yang bernama Sempaya yang diambil dari nama putri kerajaan itu sendiri, Elemen-elemen dari bentuk penyajian Tari Sempaya sebagai berikut: (1) Terdiri dari Gerak Pembuka, Gerak Inti , Gerak Penutup , (2) Menggunakan 4 desain lantai : horizontal, Lingkaran Besar, Lingkaran Kecil, dan segiempat, (3) Musik tradisional ketipuang (gendang), Kecaping ( kecapi), (4) Rias (cantik) kostum baju kebaya, rok dan kerudung (5) Penari harus genap tidak boleh ganjil karena tari ini berpasangan, (6) Properti tari yang di gunakan yaitu Sapu tangan (7) Tempat pertunjukan di depan pelaminan dan juga bisa di atas panggung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMansyur, HerlindaUNSPECIFIED
CorrectorIndrayuda, IndrayudaUNSPECIFIED
CorrectorSusmiarti, SusmiartiUNSPECIFIED
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Jan 2024 02:51
Last Modified: 23 Jan 2024 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49912

Actions (login required)

View Item View Item