Gambaran Pengelolaan Keterampilan Bordir Sebagai Upaya Pemberdayaan Remaja di Panti Sosial Bina Remaja Kota Padang Panjang.

Sefa, Asya Tridu (2023) Gambaran Pengelolaan Keterampilan Bordir Sebagai Upaya Pemberdayaan Remaja di Panti Sosial Bina Remaja Kota Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_ASYA_TRIDU_SEFA_18005096_9043_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberhasilan pelatihan yang ditandai dengan banyaknya peserta pelatihan keterampilan bordir di UPTD PSBR Kota Padang Panjang yang terserap didunia pasar kerja. Hal ini diduga karena pengelolaan program pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran pengelolaan program pelatihan dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta pelatihan keterampilan bordir. Teknik penarikan sampel adalah stratified random sampling yang diambil sebanyak 50 orang peserta pelatihan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Dan teknik analisis data menggunakaan rumus Persentase. Hasil penelitian ini adalah: 1. dari segi perencanaan meliputi (a) tujuan, telah sesuai dengan kebutuhan peserta pelatihan, (b) Identifikasi kebutuhan seperi melakukan proses seleksi awal hingga seleksi administrasi, (c) sarana dan prasarana sudah mencukupi. 2. dari segi pelaksanaan meliputi (a) materi, telah sesuai dengan silabus pembelajaran. b) Kompetensi Instruktur sudah sesuai dengan bidangnya, (c) Manajemen waktu, pada pembagian waktu dan penggunaan waktu sudah efektif dan efisien. 3. Dari segi evaluasi (a) pemahaman teori dan praktik, peserta pelatihan sudah mampu memahami serta membuat berbagai macam keterampilan dengan membordir, (b) penerapan hasil pelatihan sudah terlaksana dengan baik dan sesuai, ditunjukkan dalam bentuk ujian praktik pembuatan produk yang wajib dilakukan peserta didik untuk mengetahui kemampuan keterampilannya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSolfema, SolfemaUNSPECIFIED
CorrectorSyur'aini, Syur'ainiUNSPECIFIED
CorrectorIsmaniar, IsmaniarUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Non Formal (S1)
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Jan 2024 02:51
Last Modified: 23 Jan 2024 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49911

Actions (login required)

View Item View Item