Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pendek melalui Instagram pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis Sepeda Motor di SMK

Waruwu, Buala Jefriana (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pendek melalui Instagram pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis Sepeda Motor di SMK. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_05_BUALA_JEFRIANA_WARUWU_21138054_6242_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R&D), dengan model pengembangan ASSURE. Prosedur pengembangan ASSURE yaitu; 1) Analyze Learner Characteristics, 2) State Standards and Objectives, 3) Select Strategies, Technology, Media, and 4) Materials, utilize media and materials, requires learner participation, evaluate and revise. Teknik analisis data yang digunakan dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pada media yang dikembangkan. Produk hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran video tutorial. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa media yang dikembangkan dinyatakan “valid” oleh ahli media dengan nilai rata-rata 0,77, dan juga dinyatakan “valid” oleh ahli materi dengan nilai rata-rata 0,85. Media yang dikembangkan dinyatakan “praktis” dengan nilai kepraktisan dari respon guru dengan hasil sebesar 88,10% dan respon siswa sebesar 96,41%, serta video tutorial yang dihasilkan efektif digunakan dengan hasil perbandingan hasil belajar pretest dengan posttest dilihat dari ketuntasan klasikal siswa sebesar 100% dan nilai Gain Score sebesar 0,61 dengan kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video tutorial pendek melalui Instagram valid, praktis dan efektif diterapkan pada mata pelajaran pemeliharaan sasis sepeda motor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJalinus, NiswardiUNSPECIFIED
CorrectorPurwanto, WawanUNSPECIFIED
CorrectorWulansari, Rezky EmaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, VIDEO TUTORIAL, PEMELIHARAAN SASIS SEPEDA MOTOR.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 23 Jan 2024 02:51
Last Modified: 23 Jan 2024 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49910

Actions (login required)

View Item View Item