Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Menggunakan Kode Barcode dengan Model Project Based Lerning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD di Kecamatan Bayang

Nasti, Betridamela (2023) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Menggunakan Kode Barcode dengan Model Project Based Lerning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD di Kecamatan Bayang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_BETRIDAMELA_NASTI_21124004_1771_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena belum adanya bahan ajar pendamping dengan inovasi menggunakan kode barcode untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah bahan ajar tematik terpadu menggunakan kode barcode dengan model Project Based Learning pada tema 2 siswa kelas V Sekolah Dasar yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau research and development dengan metode pengembangan 4D. Tahapan model 4D adalah: (1)define (pendifinisian), (2)design (perancangan), (3)developmen (pengembangan), dan (4)disseminate (penyebaran). Penelitian ini dilakukan di SDN 38 Api-Api sebagai kelas ujicoba dan penyebaran pada SDN 05 Pasar Baru dan SDN 34 Pasar Baru. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD. Data penelitian uji validitas diperoleh dari lembar validasi RPP dan bahan ajar. Data kepraktisan dikumpul menggunakan lembar observasi keterlaksanaan RPP, angket respon guru dan siswa. Keefektifan dilihat dari aktivitas, dan hasil belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis berdasarkan hasil penelitian. Berdasarkan uji validitas, diperoleh data bahwa RPP dan bahan ajar dari validator ahli dan praktisi yaitu 89,66% dan 92% dengan kategori sangat valid. Praktikalitas angket respons guru dan siswa terhadap bahan ajar tematik terpadu dengan model PjBL sangat sesuai dalam penggunaannya pada proses pembelajaran dengan jumlah rata-rata respons 93,06% dan 92,08% dengan kategori sangat praktis. Uji efektivitas pada tahap pengembangan dapat dilihat bahwa aktivitas peserta didik kelas V SDN 38 Api-Api menunjukkan persentase dengan rata-rata 77,28% dengan kategori aktif dan aktivitas peserta didik kelas V SDN 05 Pasar Baru dengan persentase 83,83% serta aktivitas peserta didik kelas V SDN 34 Pasar Baru dengan persentase 85,66%. Aspek pengetahuan diperoleh rata-rata 91,21% dengan kategori sangat baik pada saat ujicoba. Sementara pada saat penyebaran aspek pengetahuan diperoleh rata-rata 91,81% dan 89,21% dengan kategori sangat baik. Untuk aspek keterampilan diperoleh rata-rata 93% dengan kategori sangat baik pada saat uji coba dan meningkat pada saat penyebaran dengan rata-rata 93% dan 92% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah bahan ajar tematik terpadu pada tema 2 (Udara Bersih Bagi Kesehatan) menggunakan kode barcode dengan model PjBL sangat valid, praktis dan efektif dan perlu penyesuaian apabila digunakan sekolah lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
CorrectorErita, YeniUNSPECIFIED
CorrectorDaharnis, DaharnisUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BAHAN AJAR TEMATIK TERPADU, KODE BARCODE, PROJECT BASED LERNING
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 23 Jan 2024 02:45
Last Modified: 23 Jan 2024 02:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49898

Actions (login required)

View Item View Item