Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E­ LKPD) Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII SMP.

Ridhoni, Rahmi (2023) Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E­ LKPD) Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_RAHMI_RIDHONI_190004023_6096_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya bahan ajar untuk mata pelajaran Informatika kelas VII SMP. Kurangnya bahan ajar dikarenakan mata pelajaran Informatika merupakan mata pelajaran baru pada Kurikulum Merdeka. Kurangnya bahan ajar ini berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik yang banyak dibawah KKTP. Di lain sisi, guru di SMP Muhammadiyah 6 Padang memiliki keterbatasan dalam mengambangkan bahan ajar. Berdasarkan permasalahan tersebut, dikembangkan bahan ajar LKPD berupa elektronik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses, validitas, praktikalitas dan efektivitas pengembangan bahan ajar E­LKPD pada mata pelajaran Informatika kelas VII SMP. Penelitian dilakukan menggunakan jenis penelitian pengembangan Research & Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi, angket respon peserta didik, dan soal pre-test post-test. Validasi produk diuji oleh dua orang ahli media dan satu orang ahli materi. Uji praktikalitas ditujukan untuk peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang. Nilai pre-test dan post-test digunakan untuk menilai efektivitas penggunaan bahan ajar E­LKPD. Berdasarkan hasil penilaian validasi media dari ahli media I diperoleh skor 3,52 dengan kategori sangat valid. Dari ahli media II diperoleh skor 3,92 dengan kategori sangat valid. Untuk validasi media dari ahli materi diperoleh skor 3,76 dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas produk diperoleh skor 3, 72 dengan kategori sangat praktis. Uji efektivitas yang telah dilakukan, menunjukkan thitung>ttabel sehingga menunjukkan perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk bahan ajar E­LKPD ini efektif dan dapat digunakan. Berdasarkan hasil uji validitas, praktikalitas, dan efektivitas dapat disimpulkan bahwa bahan ajar E­LKPD ini layak dan efektif sehingga dapat digunakan pada mata pelajaran Informatika kelas VII SMP. Bahan ajar E­LKPD ini juga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, terbukti hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZen, ZelhendriUNSPECIFIED
CorrectorZuliarni, ZuliarniUNSPECIFIED
CorrectorRayendra, RayendraUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Jan 2024 01:20
Last Modified: 23 Jan 2024 01:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49896

Actions (login required)

View Item View Item