Pengembangan Digital Book Berbasis Budaya Minangkabau untuk Menstimulasi Perkembangan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Surya Kids Bukittinggi

Azizah, Azizah (2023) Pengembangan Digital Book Berbasis Budaya Minangkabau untuk Menstimulasi Perkembangan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Surya Kids Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_AZIZAH_18330002_2146_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah yang ditemukan peneliti pada observasi awal. Pengenalan literasi masih belum optimal, ini terlihat dari observasi yang telah dilakukan. Kemudian berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh guru bahwa pengenalan literasi yang dilaksanakan belum mencapai tujuan dari pembelajaran dalam pengenalan literasi karena masih menggunakan kartu huruf, suku kata dan menggunakan buku cetak tanpa adanya gambar sehingga kurang menarik minat anak. Selanjutnya belum ditemukannya buku digital atau digital book berbasis budaya Minangkabau untuk menstimulasi perkembangan literasi anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan digital book berbasis budaya Minangkabau untuk menstimulasi perkembangan literasi anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak yang valid, praktis dan efektif. Peneliti perlu memecahkan masalah ini melalui penelitian Reseach and Development dengan model ADDIE, yakni dengan analysis, design, development, implemention dan evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen yaitu instrumen validasi, instrumen kepraktisan dan instrumen efektifitas. Hasil validasi digital book dinyatakan valid dan digital book sangat layak digunakan dengan hasil rata-rata Aiken’s V oleh ahli layout buku yaitu 0,94 dan dengan hasil rata-rata Aiken’s V oleh ahli bahasa yaitu 0,79. Hasil praktikalitas digital book dinyatakan sangat praktis dengan hasil rata-rata persentase yaitu 93,75%. Dan hasil persentase efektivitas yaitu 87,5% dengan digital book dinyatakan efektif. Dapat disimpulkan digital book berbasis budaya Minangkabau untuk menstimulasi perkembangan literasi anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEliza, DelfiUNSPECIFIED
CorrectorRakimahwati, RakimahwatiUNSPECIFIED
CorrectorMayar, FaridaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: DIGITAL BOOK, LITERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 23 Jan 2024 01:26
Last Modified: 23 Jan 2024 01:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49892

Actions (login required)

View Item View Item