Pengaruh Media Video Pembelajaran terhadap Basil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPS SMP N 39 Padang.

Rizka, Miftahul (2023) Pengaruh Media Video Pembelajaran terhadap Basil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPS SMP N 39 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_MIFTAHUL_RIZKA_19004061_9644_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di lapangan adalah masih rendahnya hasil belajar siswa di SMP N 39 Padang. Karena pada saat proses pembelajaran guru masih menggunakan buku paket sebagai sumber belajar yang berisikan banyaknya tulisan dan kurangnya gambar yang membuat siswa susah memahami materi, proses pembelajaran kurang kondusif karena siswa melakukan kegiatan yang tidak berkaitan dengan pembelajaran. Guru juga mengaku bahwa belum menggunakan media dalam proses pembelajaran di kelas. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah penggunaan media video pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mapel IPS kelas VIII di SMP N39 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mapel IPS kelas VIII di SMP N 39 Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Dengan populasi kelas VIII/4 dan VIII/5 yang terdiri atas 2 kelas yaitu kelas eksperimen serta kelas kontrol. Kelas eksperimen yakni kelas VIII/5 dengan perlakuan menggunakan video pembelajaran serta kelas kontrol yaitu kelas VIII/4 diberi perlakuan menggunakan buku paket. Sampel yang digunakan yaitu Purposive Sampling. Penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran IPS dengan materi Potensi Sumber Daya Indonesia. Dengan Pengolahan data menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis. Untuk pengujian hipotesis, penelitian ini memakai statistik uji t, dengan taraf signifikan a 0,05. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan media video pembelajaran ialah 76,40. Nilai rata-rata kelas kontrol yang menggunakan buku paket yakni 71,80. Bersumber pada perhitungan uji t (t- test) diperoleh Ihitung 2,52 sebaliknya Itabel pada taraf signifikan a 0,05 = 2,02. Bila dibandingkan, sehingga Ihitung > Itabel ialah 2,52 > 2,01. Yang berarti bahwa H1 yang diterima. Dengan demikian penggunaan media video pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa Kelas VIII Mata PelajaranIPS SMP N 39 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYusri, Meldi Ade KurniaUNSPECIFIED
CorrectorZuwirna, ZuwirnaUNSPECIFIED
CorrectorAnugrah, SeptriyanUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Jan 2024 01:05
Last Modified: 23 Jan 2024 01:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49890

Actions (login required)

View Item View Item