Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Scratch pada Mata Pelajaran Matematika Elemen Geometri Kelas VII SMP.

Fauzia, Apaf Nur (2023) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Scratch pada Mata Pelajaran Matematika Elemen Geometri Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_APAF_NUR_FAUZIA_19004002_6170_2023.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar mempengaruhi peserta didik untuk beradaptasi dengan lingkungan yang dapat menimbulkan perubahan dalam dirinya. Melalui pendidikan yang baik dan pengimplementasian yang optimal, tujuan pendidikan nasional guna mewujudkan bangsa yang maju serta membangun karakter bangsa yang bermartabat dapat terpenuhi. Namun rendahnya minat belajar peserta didik pada beberapa mata pelajaran menjadi masalah pokok yang perlu diselesaikan. Maka dari itu, pengembangan media pembelajaran interaktif ini dibuat sebagai upaya dalam pemanfaatan teknologi untuk menumbuhkan minat belajar peserta didik serta sebagai penghubung peserta didik dengan materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa multimedia interaktif berbasis scratch pada Mata Pelajaran Matematika elemen geometri kelas VII SMP yang layak dan praktis. J enis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau yang dikenal dengan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Adapun prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari 5 tahap, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Uji validitas produk dilakukan oleh 3 orang validator ahli media. Uji praktikalitas kepada 19 orang siswa kelas VII SMP Angkasa Lanud Padang dengan tujuan mengetahui kepraktisan produk yang dikembangkan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket, dokumentasi, dan format penilaian. Berdasarkan hasil dari validasi materi diperoleh nilai 4,84 "Sangat Valid". Sehingga materi dikatakan sangat layak untuk digunakan. Hasil validasi media I diperoleh nilai 4,60 "Sangat Valid dengan revisi ringan" dan validasi media II diperoleh nilai 4,95 "Sangat Valid", sehingga media dikategorikan layak untuk dicobakan. Selanjutnya uji coba praktikalitas siswa diperoleh nilai 4,70 "Praktis". Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Multimedia Interaktif berbasis scratch pada Mata Pelajaran Matematika elemen geometri kelas VII SMP layak dan praktis digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEldarni, EldarniUNSPECIFIED
CorrectorZuwirna, ZuwirnaUNSPECIFIED
CorrectorSupendra, DediUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Jan 2024 00:55
Last Modified: 23 Jan 2024 00:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49883

Actions (login required)

View Item View Item