Pengaruh Motivasi Belajar, Status Gizi dan Kebugaran Jasmani terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa SMP Negeri 1 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat

Asrinal, Asrinal (2023) Pengaruh Motivasi Belajar, Status Gizi dan Kebugaran Jasmani terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa SMP Negeri 1 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_ASRINAL_21199069_3061_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang belum maksimal. sehingga banyak siswa memperoleh nilai yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, status gizi dan kebugaran jasmani terhadap hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada siswa SMP Negeri 1 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan path analysis. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat yang berjumlah 427 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah stratified sampling sehingga jumlah sampel 46 orang. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data penelitian adalah : angket untuk mengukur motivasi belajar, IMT untuk mengukur status gizi, tes kebugaran pelajar nusantara (TKPN) untuk mengukur kebugaran jasmani dan nilai UTS untuk hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah path analysis. Berdasarkan analisis data maka dikemukakan hasil penelitian sebagai beriku : (1) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan diantara motivasi belajar terhadap kebugaran jasmani siswa SMP N1 Sungai Beremas. (2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan diantarastatus gizi terhadap kebugaran jasmani siswa SMP N1 Sungai Beremas. (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan diantaramotivasi belajar terhadap hasil belajar siswa SMP N1 Sungai Beremas. (4) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan diantarastatus gizi terhadap hasil belajar siswa SMP N1 Sungai Beremas. (5) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan diantarakebugaran jasmani terhadap hasil belajar siswa SMP N1 Sungai Beremas. (6) Tidak terdapat pengaruh tidak langsung Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Melalui Kebugaran Jasmani Siswa SMP N 1 Sungai Beremas. (7) Tidak terdapat pengaruh tidak langsung Status Gizi Terhadap Hasil Belajar Melalui Kebugaran Jasmani Siswa SMP N 1 Sungai Beremas.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNeldi, HendriUNSPECIFIED
CorrectorDamrah, DamrahUNSPECIFIED
CorrectorTohidin, didinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI BELAJAR, STATUS GIZI, KEBUGARAN JASMANI DAN HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Jan 2024 08:36
Last Modified: 22 Jan 2024 08:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49870

Actions (login required)

View Item View Item