Faraditha, Viony
(2023)
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Liveworksheets pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan teknologi yang belum digunakan secara maksimal dalam pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar. Agar peserta didik termotivasi dalam menerima pembelajaran, diperlukan pemanfaatan teknologi, model pembelajaran yang tepat dan LKPD yang menarik. Dengan mengembangkan LKPD menggunakan teknologi web Liveworksheets guru bisa membuat LKPD dalam bentuk yang lebih menarik dan lebih memotivasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD menggunakan Liveworksheets pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Kota Padang yang valid dan praktis.
J enis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan
metode research and development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (four- D) yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 12 Padang Besi yang berjumlah 25 orang untuk mengetahui praktikalitas produk yang dikembangkan.
Hasil penelitian mt adalah produk berupa LKPD menggunakan Liveworksheets untuk siswa kelas V SD. Hasil analisis terhadap instrumen validasi materi adalah 98,8%, validasi kebahasaan adalah 97 ,5%, dan validasi media adalah 92, 72%, maka LKPD yang dikembangkan berkategori sangat valid. Tingkat praktikalitas LKPD dari guru sebesar 97,14% (sangat praktis), tingkat praktikalitas LKPD oleh peserta didik mencapai 94,62% (sangat praktis). Dan hasil yang diperoleh peserta didik dari pengerjaan LKPD yaitu 95,86%.
Actions (login required)
|
View Item |