Prinsip Perilaku Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Maryam Karya Okky Madasari: Studi Analisis Psikologi Individual Alfred Adler

Sari, Deswita Kemala (2023) Prinsip Perilaku Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Maryam Karya Okky Madasari: Studi Analisis Psikologi Individual Alfred Adler. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_DESWITA_KEMALA_SARI_18017007_6770_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan bentuk prinsip perilaku kepribadian tokoh utama dalam novel Maryam karya Okky Madasari; dan (2) mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi terbentuknya prinsip perilaku kepribadian tokoh utama dalam novel Maryam karya Okky Madasari. Penelitian ini merupakan penelitian sastra dengan menggunakan metode deksriptif. Data dalam penelitian ini adalah kata, frasa, klausa, maupun kalimat yang berkaitan dengan prinsip perilaku kepribadian tokoh utama. Sumber data penelitian ini adalan novel Maryam karya Okky Madasari. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga tahap, yaitu: (1) membaca dan memahami isi cerita dalam novel, (2) menetapkan tokoh utama dalam novel (3) menandai bagian dari isi cerita yang berkaitan dengan data dan (4) menginventarisasi data. Teknik pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis dengan cara menginterpretasikan data lalu menyimpulkan masalah serta menuliskan laporan hasil analisis. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) bentuk prinsip perilaku kepribadian tokoh utama dalam novel Maryam karya Okky Madasari yaitu (a) prinsip rendah diri yaitu tidak mampu mempertahankan orang yang dicintai; kecewa, kesal dan marah ketika keluarga diusir; menyesal; merasa ragu dan takut ketika dijodohkan, m erasa belum mampu memiliki anak; (b) prinsip superior yaitu berusaha mendapatkan restu kedua orang tua dan berusaha menemukan keluarga yang hilang dan mempertahankan tanah warisan beserta rumah keluarga; (c) prinsip gaya hidup yaitu perempuan yang cantik, cerdas dan ramah; (d) prinsip diri kreatif yaitu berusaha mengembangkan usaha susu kemasan yang bisa di pasarkan di Supermarket dan memberikan nama anaknya berasal dari Lombok; (e) prinsip tujuan semu yaitu ingin memiliki keluarga yang bahagia; (f) prinsip minat sosial yaitu merasa peduli kepada korban yang dibakar oleh masa dan memberikan bantuan makanan dan pakaian untuk pengungsi Ahmadiah; (2) faktor yang mempengaruhi terbentuknya prinsip kepribadian tokoh Maryam yaitu faktor genetik, faktor lingkungan dan faktor keluarga. Faktor yang dominan mempengaruhi prinsip perilaku kepribadian tokoh utama adalah faktor lingkungan dan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurizzati, NurizzatiUNSPECIFIED
CorrectorHayati, YenniUNSPECIFIED
CorrectorNasution, Muhammad IsmailUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:12
Last Modified: 22 Jan 2024 04:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49841

Actions (login required)

View Item View Item