Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Jumlah Unit Usaha, dan Upah Minimum Regional terhadap Penyerapan Tenaga Kerja pada Sektor Industri Mikro dan Kecil di Pulau Sumatera

Wiraja, Aria (2023) Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Jumlah Unit Usaha, dan Upah Minimum Regional terhadap Penyerapan Tenaga Kerja pada Sektor Industri Mikro dan Kecil di Pulau Sumatera. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ARIA_WIRAJA_19053003_5659_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Jumlah Unit Usaha, dan Upah Minimum Regional terhadap Penyerapan Tenaga Kerja pada Sektor Industri Mikro dan Kecil di Pulau Sumatera dengan rentang tahun 2016- 2020 baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode regresi data panel. Data time series dalam penelitian ini adalah tahun 2016-2020 dengan cross section provinsi-provinsi di Pulau Sumatera. Dengan Variabel (X1) Pertumbuhan Ekonomi, (X2) Jumlah Unit Usaha sektor industri mikro dan kecil, dan (X3) Upah Minimum Regional, serta Variabel (Y) Penyerapan Tenaga Kerja sektor industri mikro dan kecil. Berdasarkan hasil analisis regresi, ditemukan bahwa Pertumbuhan Ekonomi, Jumlah Unit Usaha, dan Upah Minimum Regional secara bersama-sama berpangaruh terhadap penyerapan tenaga kerja pada sektor industri mikro dan kecil di Sumatera, sedangkan secara parsial Pertumbuhan ekonomi secara parsial berpangaruh negatif dan tidak signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja pada sektor industri mikro dan kecil di Sumatera. Untuk variabel Jumlah unit usaha secara parsial berpangaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja pada sektor industri mikro dan kecil di Sumatera. Selanjutnya variabel Upah Minimum Regional secara parsial berpangaruh negatif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja pada sektor industri mikro dan kecil di Sumatera.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarwan, MarwanUNSPECIFIED
CorrectorRitonga, MentariUNSPECIFIED
CorrectorMarna, Jean ElikalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:03
Last Modified: 22 Jan 2024 03:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49838

Actions (login required)

View Item View Item