Perilaku Pencarian Informasi Kesastraan Mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia Tahun Masuk 2020 di Perpustakaan Universitas Negeri Padang

Santiva, Indah Yunia (2023) Perilaku Pencarian Informasi Kesastraan Mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia Tahun Masuk 2020 di Perpustakaan Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_08_INDAH_YUNIA_SANTIVA_19234077_8657_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana perilaku pencarian informasi Mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia tahun masuk 2020 di Universitas Negeri Padang dilihat dari perilaku pencarian informasi model Ellis degan indikator: starting; chaining; browsing; differntiating; monitoring; extracting; verifying; dan ending. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada 87 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik penganalisisan data dikalakukan dengan cara pemeriksaan data, tabulasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator starting diperoleh skor rata-rata 2,88 dikategorikan baik artinya mahasiswa memiliki perilaku dalam mencari informasi dengan menetukan topik informasi yang akan dicari teleebih dahulu. Pada indikator chaining diperoleh skor rata-rata 3,34 dikategorikan sangat baik artinya mahasiswa memiliki perilaku dalam mencari informasi memilih informasi yang urgent untuk pembelajaran dan juga memilih informasi agar sesuai dengan yang diajarkan oleh dosen. Pada indikator browsing diperoleh skor rata- rata 3,21 dikategorikan sangat baik artinya mahasiswa memiliki perilaku dalam mencari informasi dengan mencari buku, jurnal, skripsi, tesis dan karya ilmiah lainnya. Pada indikator differentiating diperoleh skor rata-rata 3,11 dikategorikan sangat baik artinya mahasiswa memiliki perilaku dalam mencari informasi terbaru atau terupdate yang berhubungan dengan informasi yang dibutuhkan. Pada indikator monitoring diperoleh skor rata-rata 3,19 dikategorikan sangat baik artinya mahasiswa memiliki perilaku dalam mencari informasi sangat aktif dalam mencari informasi terbaru terkait topik atau pembelajaran yang sedang dikerjakan. Pada indikator Extracting diperoleh skor rata-rata 3,21 dikategorikan sangat baik artinya mahasiswa memiliki perilaku dalam mencari informasi dengan merekam atau mencatat informasi yang di peroleh agar mempermudah dalam mencari informasi. Pada indikator Verifing diperoleh skor rata-rata 3,27 dikategorikan sangat baik artinya mahasiswa memiliki perilaku dalam mencari informasi dengan menentukan topik informasi yang akan dicari terlebih dahulu. Pada indikator ending diperoleh skor rata-rata 3,16 dikategorikan sangat baik artinya mahasiswa memiliki perilaku dalam mencari informasi perlu mengilangkan rasa jenuh ketika mencari informasi. Secara keseluruhan perilaku pencarian informasi kesastraan mahasiswa Program Studi Sastra Indoneisa tahun masuk 2020 di Perpustakaan Universitas Negeri Padang dapat dikatakan sudah sesuai dengan model perilaku pencarian informasi mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia tahun masuk 2020 di Perpustakaan Universitas Negeri Padang dapat dikatakan sudah sesuai dengan model perilaku pencarian informasi Ellis dengan nilai rata-rata keseluruhan indikator yaitu 3,14 dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurizzati, NurizzatiUNSPECIFIED
CorrectorDesriyeni, DesriyeniUNSPECIFIED
CorrectorNelisa, MaltaUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:03
Last Modified: 22 Jan 2024 03:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49837

Actions (login required)

View Item View Item