Analisis Budaya Inklusif pada Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah Dasar se-Kecamatan Bermani Ulu Raya.

Husin, Hanif (2023) Analisis Budaya Inklusif pada Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah Dasar se-Kecamatan Bermani Ulu Raya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_HANIF_HUSIN_15003154_8278_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian nu memiliki tujuan utama untuk menyelidiki dan mengungkapkan keberadaan budaya inklusif dalam konteks penyelenggaraan pendidikan di sekolah dasar di seluruh Kecamatan Bermani Ulu Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif, yang memberikan gambaran menyeluruh tentang situasi yang sedang diteliti. Subjek penelitian mencakup kepala sekolah, guru, dan staf di berbagai sekolah dasar di wilayah tersebut, yang memiliki siswa dengan kebutuhan khusus. Total keseluruhan subjek yang terlibat adalah tiga puluh delapan orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket. Angket ini diadaptasi dari buku "The Index for Inclusion" karya Tony Booth dan Mel Ainscow. Instrumen tersebut telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia melalui proses back-translation untuk memastikan akurasi dan kejelasan. Analisis data dilakukan melalui teknik analisis statistik deskriptif, yang memungkinkan peneliti untuk memberikan gambaran numerik tentang persepsi dan pandangan responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas responden, yaitu sebanyak 97,37%, memberikan penilaian tinggi terhadap keberadaan budaya inklusif dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah dasar se-Kecamatan Bermani Ulu Raya. Sementara itu 5,63% responden memberikan penilaian pada kategori Sedang. Rata-rata skor yang diperoleh adalah 176,1 dari total skor maksimal 196. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penyelenggaraan pendidikan di sekolah dasar se-Kecamatan Bermani Ulu Raya telah menjalankan budaya inklusif dengan baik dan tergolong dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDamri, DamriUNSPECIFIED
CorrectorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: budaya inklusif, pendidikan sekolah dasar indexfor inclusion.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Jan 2024 02:49
Last Modified: 22 Jan 2024 02:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49829

Actions (login required)

View Item View Item