Efektifitas Penggunaan Media Classflow Terhadap Kemampuan Membaca Kata pada Substansi Huruf Diftong pada Anak Tunagrahita Ringan.

Dilla, Aulia Rahma (2023) Efektifitas Penggunaan Media Classflow Terhadap Kemampuan Membaca Kata pada Substansi Huruf Diftong pada Anak Tunagrahita Ringan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_AULIA_RAHMA_DILLA_19003007_6889_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diambil dari permasalahan yang ada di SLB N egeri 1 Lima Kaum pada seorang anak tunagrahita ringan kelas VII yang belum mengenal kata yang mengandung huruf diftong ai, au, ei dan oi, seperti kata kerbau, zaitun, koboi dan lain sebagainya. Penelitian ini peneliti menggunakan media classflow untuk meningkatkan kemampuan membaca kata pada substansi huruf diftong pada anak tunagrahita ringan. Metode eksperimen merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini yang berbentuk Single Subject Research (SSR) berbentuk A-B-A. Subjek yang ada di penelitian adalah anak tunagrahita ringan kelas VII di SLB Negeri 1 Lima Kaum. Dengan teknik pengumpulan data, yaitu tes perbuatan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data visual grafik yang terbagi atas analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Basil penelitian yang telah peneliti lakukan sebanyak 14 kali pertemuan di peroleh data pada fase baseline (Al) dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan menunjukkan hasil persentase yang diperoleh, yaitu 0%, 0%, 0%, 0%. Pada fase intervensi (B) dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan dan kemampuan anak menunjukkan peningkatan yang terlihat pada hasil presentase yang di peroleh, yaitu 15%, 40%, 65%, 70%, 70%, 70% pada kegiatan pertama, 25%, 40%, 70%, 70%, 70%, 70% pada kegiatan kedua, dan 10%, 55%, 70%, 70%, 70%, 70% pada kegiatan ketiga. Dan pasa fase baseline (A2) dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan tanpa pemberian intervensi dan hasil persentase yang diperoleh, yaitu 70%, 75%,75.%, 75%. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh bahwa kemampuan membaca kata pada substansi huruf diftong dapat ditingkatkan dengan menggunakan media calassflow.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
CorrectorSopandi, Asep AhmadUNSPECIFIED
CorrectorKusumastuti, GrahitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca kata pada substansi huruf diftong media classflow anak tunagrahita ringan.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Jan 2024 02:05
Last Modified: 22 Jan 2024 02:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49822

Actions (login required)

View Item View Item